Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A01 Core

Total
0
Shares

Setelah keberhasilan Galaxy A01 memperketat persaingan smartphone di kelas entry-level, kini Samsung kembali dengan seri Galaxy A01 Core yang memiliki banderol harga lebih murah. Harga ekonomis tentu saja bisa menjadi penarik minat para pemburu HP, namun sebaiknya pelajari terlebih dulu mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A01 Core sebelum membelinya.

Dengan selisih harga tersebut, bukan tidak mungkin Samsung harus rela memangkas beberapa fitur pada varian yang satu ini. Tentu saja orang-orang akan bertanya, apakah versi Core ini mampu menjadi alternatif dari versi biasanya?

Spesifikasi Samsung Galaxy A01 Core

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A01 Core, ketahui dulu spesifikasinya, di bawah ini:

Tampilan
Ukuran Layar 5.3″
Kedalaman Piksel 311ppi
Resolusi Layar 720 x 1480pixels
Anti Air Tidak
Scratch Resistant Tidak
Teknologi Layar IPS-LCD
Kamera
Resolusi Kamera Belakang 8MP
Resolusi Kamera Depan 5MP
Tipe Kamera Dual Kamera
Resolusi Video Full HD
Memori
Penyimpanan 32GB
RAM 2GB
Memori yang Dapat Diperluas Tidak
Desain
Berat 150g
Material Bodi Plastik
Dimensi (W x H x D) 141.7 x 67.5 x 8.6mm
Baterai
Kapasitas Baterai 3000mAh
Charging Wireless Charging and Fast Charging
Platform
Chipset Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53
Prosesor Inti Quad Core
Sistem Operasi Android
Versi OS 10
Jaringan
Dual SIM Ya
SIM Card Nano-SIM
Koneksi
USB Connectors Micro-USB
5G Tidak
NFC Tidak
Wi-Fi Standard 802.11 b/g/n
Warna
Warna Hitam
Fitur
Pemindai Sidik Jari Tidak
Face Recognition Tidak
Harga
Harga Resmi 1.149.000

Kelebihan Samsung Galaxy A01 Core

Mungkin banyak yang berpikir jika ponsel ini akan mengalami kegagalan di pasaran, karena selisih harganya dengan Galaxy A01 juga tidak terlalu banyak? Nah, sebelum menilainya tanpa alasan, simak dulu beberapa kelebihan dari A1 Core di bawah ini.

1. Kualitas Kamera yang Terasa Baik

Meskipun dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, namun bukan berarti para pengguna tidak bisa mendapatkan hasil foto yang bagus. Ya, ponsel yang satu ini memang hanya dibekali dengan konfigurasi satu kamera saja, namun kualitas foto yang dihasilkan sudah cukup bagus untuk ponsel di kelas ini.

Kamera utamanya, mempunyai resolusi sebesar 8 MP dengan aperture f/2.2. Kamera tersebut telah dilengkapi dengan fitur LED flash dan juga. Sedangkan untuk proses perekaman video, Anda dapat menghasilkan video beresolusi 1080p dengan frame rate sebesar 30 FPS.

2. Penggunaan OS Android 10 Go Edition

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A01 Core

Bisa dibilang bahwa penggunaan OS alias sistem operasi cukup berpengaruh untuk penjualan sebuah ponsel. Nah, untuk ponsel yang satu ini, hadir dengan membawa OS Android 10 yang memang menjadi standar sistem operasi saat perilisannya.

Untuk Android 10-nya pun juga bukan versi reguler, namun Go Edition yang direkomendasikan untuk jenis ponsel dengan kapasitas RAM tidak lebih dari 2 GB. Maka dari itu, OS ini pun mampu menjalankan berbagai macam aplikasi dan multitasking, tanpa adanya kendala yang berarti.

3. Tersedia Slot untuk Memori Eksternal

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A01 Core

Galaxy A01 Core hadir dengan memori internal berkapasitas 16 GB dan 32 GB. Ya, angka tersebut cukup wajar mengingat ponsel ini berada di kelas entry-level. Namun jika Anda merasa kapasitas yang dibutuhkan masih kurang, tidak perlu khawatir.

Ponsel ini menyediakan slot khusus untuk memori eksternal sampai 512 GB. Dengan ini, maka Anda dapat menyimpan banyak file tanpa perlu melepas kartu SIM yang kedua. Selain itu, memori eksternal ini bisa lebih difokuskan untuk menyimpan file-file dokumen dan multimedia.

4. Ukuran yang Terasa Compact

Kelebihan Samsung Galaxy A01 Core

Kebanyakan ponsel terbaru hadir dengan membawa layar yang mentereng dengan ukuran bodi besar. Nah, bagi Anda yang lebih mengutamakan Hp dengan portabilitas tinggi, kehadiran dari Samsung Galaxy A01 Core ini dapat menjadi jawaban yang tepat.

Pasalnya, ponsel murah besutan Samsung ini menghadirkan dimensi bodi yang akan terasa nyaman saat dipegang dan bisa dengan mudah masuk ke dalam kantong celana. Selain itu, bobotnya yang tergolong ringan, membuat tangan tidak cepat pegal saat menggenggamnya.

5. Desain Bodi yang Terbilang Unik

Kelebihan Samsung Galaxy A01 Core

Kelebihan yang terakhir, berasal dari desain bodinya. Dapat dikatakan bahwa tampilan desain dari ponsel ini, menunjukkan kesan yang minimalis dan futuristik. Tampilannya terasa lebih unik, berkat tekstur bermotif garis-garis pada bagian bodi belakangnya.

Kemudian untuk warnanya, Samsung membekalinya dengan varian warna yang sama seperti versi regulernya. Anda bisa memilih salah satu dari tiga opsi warna yang tersedia seperti biru, hitam, dan merah, sesuai dengan aliran style outfit yang dianut.

Kekurangan Samsung Galaxy A01 Core

Walaupun hadir dengan beberapa kelebihan di atas, namun ponsel yang satu ini juga tidak lepas dari kekurangan-kekurangan yang harus dipertimbangkan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa kekurangan dari Galaxy A01 Core.

1. Kapasitas Baterai Tergolong Kecil

Kekurangan Samsung Galaxy A01 Core

Kekurangan dari Galaxy A10 Core, dimulai dari kapasitas baterainya yang terbilang kecil. Nah, A01 Core ini hadir membawa baterai bertipe Li-Ion dengan kapasitas 3.000 mAh.

Ya, kapasitas baterai tersebut sebenarnya dapat diterima untuk penggunaan normal sehari-hari. Akan tetapi, 3.000 mAh bukanlah kapasitas baterai terbesar yang dapat Anda peroleh dengan rentang harga yang sama. Tentu saja ini menjadi salah satu hal harus dipertimbangkan sebelum membeli ponsel tersebut.

2. Chipset yang Kurang Bertenaga

Kekurangan Samsung Galaxy A01 Core

Entah jadi kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A01 Core yang sifatnya relatif, smartphone ini diotaki dengan chipset Mediatek MT6739 prefabrikasi 28 nm, dengan bantuan GPU PowerVR GE8100 untuk mendukung grafisnya. Nah, chipset tersebut menggunakan konfigurasi empat inti dengan clock-speed mencapai 1,5 GHz.

Dari chipset yang dimilikinya tersebut, bisa dibilang bahwa performa yang mampu hadirkan oleh ponsel ini cukup mengecewakan. Nampaknya, Galaxy A01 Core memang tidak mengutamakan sisi performa untuk menjalankan aplikasi dan game berat.

3. Kapasitas Memori Internal Kecil

Kekurangan Samsung Galaxy A01 Core

Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan pada pembahasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A01 Core di atas, smartphoneini hanya menyediakan pilihan memori internal 16 GB dan 32 GB saja.

Angka tersebut tentu saja tergolong cukup kecil untuk penggunaan ponsel di jaman sekarang. Apalagi ukuran dari aplikasi-aplikasi terbaru sudah cukup besar, lho.

4. Ukuran RAM yang Kecil

Kekurangan Samsung Galaxy A01 Core

Tidak hanya dari performa yang dihadirkan oleh chipset, ternyata Galaxy A01 Core ini juga tidak cukup unggul dalam hal kapasitas RAM. Seperti yang telah diketahui, bahwa ponsel tersebut hanya dibekali dengan dua opsi varian RAM saja, yaitu antara 1 GB dan 2 GB.

Tentu saja ukuran RAM tersebut terbilang sangat kecil, kan? Padahal para kompetitornya di kelas yang sama, sudah ada yang mengusung RAM 3 GB. Itulah mengapa Samsung hanya menyematkan OS Android 10 Go, yang merupakan versi “lite” dari Android 10.

5. Tidak Tersedia Sensor Sidik Jari

Kekurangan Samsung Galaxy A01 Core

Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A01 Core yang selanjutnya, berasal dari sisi keamanan privasi. Hal ini bukanlah aspek yang dapat diacuhkan begitu saja, mengingat industri ponsel saat ini sedang gencar-gencarnya menanamkan fitur sensor sidik jari pada ponsel yang mereka rilis.

Nah, jika Anda ingin menggunakan Galaxy A01 Core, maka harus siap dengan kenyataan jika ponsel yang satu ini memang tidak mempunyai fitur sensor sidik jari. Jadi untuk fitur pengamanan, ponsel ini hanya menyediakan pengamanan yang standar seperti PIN, pola, dan kata sandi.

6. Ukuran Bezel yang Tebal

Kekurangan Samsung Galaxy A01 Core

Saat ponsel ini dirilis, desain poni untuk kelas entry-level memang sedang gencar-gencarnya. Hampir tidak ada ponsel yang dibuat dengan desain bezel tebal di bagian atas dan bawah layarnya, seperti desain Galaxy A01 Core ini.

Hal ini berarti tampilan layar dari ponsel ini terasa kuno, dan hanya bisa memberikan rasio yang kecil dari bodi ke bagian layar. Walaupun tidak terlalu terasa, namun hal ini cukup berdampak buruk pada kenyamanan pengguna saat berselancar di internet maupun menonton video.

Dari review kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A01 Core di atas, maka bisa disimpulkan jika Anda mungkin akan mengalami keterbatasan saat menggunakannya. Namun ini bukan berarti ponsel tersebut tidak layak, karena fitur-fiturnya pun sudah cukup untuk aktivitas sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like