Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A10s

Total
0
Shares

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A10s, penerus Galaxy A10 cukup populer di kalangan pecinta gadget. Sebenarnya kedua ponsel tersebut mempunyai beberapa persamaan, namun tidak sedikit pula perbedaannya.

Tentu saja perbedaan yang dihadirkan membuat Anda penasaran dan terus bertanya-tanya, kan? Lalu apakah Samsung Galaxy A10s layak untuk dijadikan sarana mobilitas sehari-hari? Tidak usah bingung, langsung saja kita review kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A10s selengkapnya.

Spesifikasi Samsung Galaxy A10s

Spesifikasi bisa menjadi dasar pengetahuan sebelum membahas kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A10s, berikut tabel speknya:

 

Tampilan
Ukuran Layar 6.2″
Kedalaman Piksel 271ppi
Resolusi Layar 720 x 1520pixels
Anti Air Tidak
Scratch Resistant Tidak
Teknologi Layar PLS IPS
Kamera
Resolusi Kamera Belakang 13 + 2MP
Resolusi Kamera Depan 8MP
Tipe Kamera Dual Kamera
Resolusi Video Full HD
Memori
Penyimpanan 32GB
RAM 2GB
Memori yang Dapat Diperluas Ya
Desain
Berat 168g
Material Bodi Plastik
Dimensi (W x H x D) 156.9 x 75.8 x 7.8mm
Baterai
Kapasitas Baterai 4000mAh
Charging Normal Charging
Platform
Chipset Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)
Prosesor Inti Octa Core
Sistem Operasi Android
Versi OS Android 9.0
Jaringan
Dual SIM Ya
SIM Card Nano-SIM
Koneksi
USB Connectors Micro-USB
5G Tidak
NFC Tidak
Wi-Fi Standard 802.11 b/g/n
Warna
Warna Merah
Fitur
Pemindai Sidik Jari Ya
Face Recognition Tidak
Harga
Harga Resmi Dihentikan

Kelebihan Samsung Galaxy A10s

Mengetahui kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A10s sebelum membelinya adalah suatu hal yang wajib dilakukan. Ini dilakukan agar Anda bisa benar-benar mantap untuk menentukan keputusan, apakah akan membeli ponsel ini atau tidak. Nah, berikut kelebihan dari Galaxy A10s yang perlu diketahui.

1. Layar yang Lebar dengan Desain Infinity V

Samsung Galaxy A10s hadir dengan ukuran layar yang cukup lebar, yakni 6,2 inci. Layar sebesar 6,2 inci tersebut memiliki resolusi 720 x 1520 piksel. Dengan aspek rasio 19:9 dan kerapatan layar 271 ppi, membuat gambar yang ditampilkan terlihat tajam.

Layarnya sendiri didesain memenuhi seluruh bagian depan, dengan notch pada bagian atas yang disebut dengan Infinity-V Display. Penggunaan desain notch Infinity-V Display tersebut, tentu saja membuat tampilannya menjadi semakin berkelas.

2. Penggunaan Layar dengan Panel PLS TFT

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A10s

Kelebihan dari Galaxy A10s yang berikutnya berasal dari jenis panel yang digunakan. Ya, jadi Galaxy A10s ini menggunakan panel PLS TFT, yang terkenal mampu memberikan kualitas tampilan layar yang sangat bagus.

Dapat dikatakan jika layar cerah, dan bahkan mirip seperti jenis panel IPS. Tidak sedikit pengguna yang memuji kualitas dari layar pada Galaxy A10s. Mereka menyebutkan jika layar pada ponsel ini mampu menampilkan gambar yang tajam dan juga apik.

3. Kualitas Kamera Belakang yang Cukup Baik

Kelebihan Samsung Galaxy A10s

Bisa dibilang ada peningkatan pada sektor kamera belakang, dimana ponsel yang satu ini menghadirkan konfigurasi dua kamera di bagian belakang bodinya. Seperti yang sudah kita tahu, bahwa pendahulunya yakni Galaxy A10s hanya dibekali dengan konfigurasi single camera saja.

Kamera belakang Samsung Galaxy A10s ini terbilang mampu memberikan hasil foto yang baik dan dapat mencukupi kebutuhan para penggunanya. Bahkan dalam kondisi minim cahaya, kamera utama ponsel ini masih bisa bekerja secara optimal.

4. Kamera Depan yang Tidak Kalah Baik

Kelebihan Samsung Galaxy A10s

Kamera depan dari Samsung Galaxy A10s, memiliki resolusi sebesar 8 MP. Untuk ponsel kelas menengah ke bawah, kamera depan 8 MP sudah tergolong bagus. Pada intinya, kamera depan ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan selfie Anda.

Bahkan kamera depan milik Galaxy A10s ini, terbilang lebih baik apabila dibandingkan dengan seri yang sebelumnya. Jadi bisa diartikan jika kamera depan Galaxy A10s memiliki kualitas yang lebih baik dari kamera depan milik Samsung Galaxy A10.

5. Performa yang Lebih Baik dari Pendahulunya

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A10s

Galaxy A10s hadir dengan membawa chipset Mediatek MT6762 Helio P22 dan RAM 2 GB. Menurut hasil pengujian yang telah dilakukan, berhasil membuktikan jika ponsel yang satu ini mampu menjalankan beberapa aplikasi ringan bersamaan.

Hanya saja pada saat digunakan untuk bermain game atau membuka banyak tab pada browser, performa yang ditunjukkan sedikit menurun. Ya, walaupun performanya tidak terlalu kencang, namun untuk kelasnya hal ini sudah lebih dari cukup.

6. Daya Tahan Baterai Lama

Kelebihan Samsung Galaxy A10s

Baterai yang digunakan pada Samsung Galaxy A10s ini memiliki kapasitas sebesar 4.000 mAh. Sebenarnya 4.000 mAh sendiri menjadi kapasitas standar kebanyakan ponsel baru, termasuk juga pada kelas harga 1 jutaan rupiah.

Nah, berdasarkan pada suatu pengujian, daya dari ponsel yang satu ini mampu bertahan hingga lebih dari 15 jam untuk penggunaan berat. Sedangkan untuk penggunaan secara normal, daya ponsel ini dapat bertahan hingga 17 jam. Tentu saja hasil tersebut menunjukkan bahwa daya baterai ponsel ini cukup lama.

7. Hadirnya Sensor Sidik Jari

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A10s

Samsung telah membekali seri Galaxy A10s ini dengan fitur keamanan berupa sensor sidik jari alias fingerprint, dan juga biometrik face unlock. Ya, hadirnya fitur sensor sidik jari atau fingerprint pada Galaxy A10s ini tentu saja menjadi langkah yang patut untuk diapresiasi.

Hal ini karena pada seri sebelumnya yakni Galaxy A10, belum tersematkan sensor sidik jari. Pada seri tersebut, sistem keamanan ponsel hanya mengandalkan sensor face unlock dan fitur-fitur standar lainnya. Maka dari itu, pastinya kehadiran sensor sidik jari ini menjadi sebuah peningkatan yang sangat baik.

8. Penggunaan Antarmuka OneUI

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A10s

Samsung Galaxy A10s telah menggunakan antarmuka OneUI yang berbasis pada sistem operasi Android 9 Pie. Perlu diketahui, jika OneUI sendiri merupakan antarmuka yang sangat menarik, dan mampu memberikan pengalaman yang sangat menyenangkan bagi para penggunanya.

Selain itu, OneUI juga dikenal dengan tampilan transisi menunya yang tergolong ramah dan juga lancar. Bahkan, Anda akan menemukan berbagai fitur menarik layaknya pada ponsel kelas atas, seperti dual messenger yang memungkinkan pengguna untuk memiliki dua akun untuk aplikasi chatting.

Kekurangan Samsung Galaxy A10s

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, wajib hukumnya mengetahui kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A10s sebelum membelinya. Nah, jika sebelumnya sudah dijelaskan kelebihannya, maka di bawah ini ada beberapa kekurangan dari ponsel tersebut.

1. Waktu Pengisian Daya yang Cukup Lama

Kekurangan Samsung Galaxy A10s

Seperti yang sebelumnya sudah dikatakan, jika Galaxy A10s ini memang punya daya tahan baterai yang cukup baik. Namun sangat disayangkan, karena waktu untuk melakukan pengisian daya pada baterai tersebut tergolong lama.

Bagaimana tidak, waktu yang diperlukan untuk mengisi daya pada ponsel ini dari kondisi kosong hingga penuh yakni selama lebih dari 3 jam. Tentu saja waktu tersebut tidaklah sebentar dan menjadi salah satu dari kekurangan dari Galaxy A10s yang perlu untuk dipertimbangkan.

2. Tidak Ada Peningkatan pada Desain

Kekurangan Samsung Galaxy A10s

Banyak yang mengatakan jika desain dari Galaxy A10s ini terlihat kurang menarik. Disebut kurang menarik, karena desain yang dimilikinya sangat mirip seperti Samsung Galaxy A10. Bahkan jika dilihat-lihat, hampir tidak ada perbedaan sama sekali terkait desain dari kedua ponsel tersebut.

Hal ini berarti Samsung Galaxy A10s tidak mengalami peningkatan pada sektor desainnya. Sebenarnya jika desain dari A10 menarik, pastinya tidak akan menjadi masalah. Tapi berhubung desainnya kurang, maka hal itu juga berdampak pada penerusnya, yakni Galaxy A10s.

3. Sidik Jari Mudah Membekas pada Bodi

Kekurangan Samsung Galaxy A10s

Tidak hanya desain yang terlihat kurang menarik, ternyata bodi pada Galaxy A10s akan meninggalkan bekas sidik jari setelah dipegang. Masalah yang satu ini dapat terjadi karena penggunaan bahan polikarbonat untuk bodi belakang, yang memang terkenal mudah meninggalkan bekas sidik jari.

Jadi jika Anda ingin ponsel yang digunakan tetap bersih tanpa ada bekas sidik jari, jangan lupa untuk memasang pelindung bodi seperti softcase. Selain itu, Anda juga harus rajin membersihkannya, agar tidak muncul jamur pada bodi HP.

Mungkin hanya itu beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A10s yang bisa disebutkan dan dijelaskan. Setelah Anda membaca kelebihan dan kekurangan di atas, apakah yakin untuk menjadikan Galaxy A10s sebagai perangkat pendukung mobilitas sehari-hari?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like