Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A21s

Total
0
Shares

Samsung Galaxy A21s merupakan salah satu Galaxy A Series yang turut dirilis pada tahun 2020 lalu. Jika dibandingkan dengan pendahulunya yakni Galaxy A21, seri ini hadir dengan membawa peningkatan pada sektor kamera dan baterainya. Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A21s akan dibahas disini.

Meskipun telah dibekali dengan fitur-fitur yang menarik, Samsung sendiri tetap membanderol Galaxy A21s ini dengan harga yang cukup terjangkau. Penasaran dengan ponsel yang satu ini, mari kita review Samsung Galaxy A21s secara lebih lanjut.

Spesifikasi Samsung Galaxy A21s

Secara garis besar, sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A21s, berikut spesifikasi ponselnya:

Tampilan
Ukuran Layar 6.5″
Kedalaman Piksel 270ppi
Resolusi Layar 720 x 1600pixels
Anti Air Tidak
Scratch Resistant Tidak
Teknologi Layar TFT LCD
Kamera
Resolusi Kamera Belakang 48MP
Resolusi Kamera Depan 13MP
Tipe Kamera Quad Kamera
Resolusi Video HD
Desain
Berat 192g
Material Bodi Plastik
Dimensi (W x H x D) 163.7 x 75.3 x 8.9mm
Baterai
Kapasitas Baterai 5000mAh
Charging Fast Charging
Platform
Chipset Exynos 850
Prosesor Inti Octa Core
Sistem Operasi Android
Versi OS 10
Jaringan
Dual SIM Ya
SIM Card Nano-SIM
Koneksi
USB Connectors Type-C
5G Tidak
NFC Ya
Wi-Fi Standard 802.11 a/b/g/n/ac
Fitur
Pemindai Sidik Jari Ya
Face Recognition Tidak
Memori
Memori yang Dapat Diperluas Ya

Kelebihan Samsung Galaxy A21s

Setelah melihat spesifikasi dari Samsung Galaxy A21s di atas, apakah Anda merasa tertarik untuk memilikinya? Tunggu dulu jangan tergesa-gesa, mari kita bahas terlebih dahulu kelebihan dari ponsel yang satu ini.

1. Kualitas Kamera yang Bagus

Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A21s yang pertama berasal dari sektor kamera, dimana ponsel ini hadir dengan empat buah kamera yang dapat diandalkan untuk kegiatan fotografi. Dengan lensa utama beresolusi 48 MP dan bukaan f/2.0, membuatnya mampu menghasilkan gambar yang jernih dan tajam.

Lensa utama tersebut juga ditemani oleh lensa ultra wide 8 MP dengan field of view 123 derajat. Selain itu, ada juga lensa kedalaman dan lensa makro dengan masing-masing resolusi 2 MP. Sedangkan untuk video, kamera pada Hp ini sudah mendukung pengambilan video pada resolusi 1080p dengan 30 fps.

2. Baterai dengan Kapasitas Besar

Kelebihan dan Kekurangan Samsung galaxy A21s

Bisa dibilang jika Galaxy A21s bisa diandalkan untuk menjalani kegiatan di luar dalam waktu lama. Dengan baterai berkapasitas sebesar 5000 mAh, Anda perlu kebingungan untuk mencari stop kontak saat di tempat-tempat umum.

Selain itu, ponsel ini juga telah mendukung fitur fast charging 15 W yang membuat proses pengisian daya bisa berjalan dengan cepat. Keawetan dari daya Galaxy 21s memang tidak perlu ditanyakan lagi, mengingat ponsel ini juga menggunakan chipset Exynos 850 yang terkenal dengan efisiensi dayanya.

3. Membawa Fitur Face Unlock dan Fingerprint Scanner

Kelebihan dan Kekurangan Samsung galaxy A21s

Smartphone ini telah dibekali dengan metode pembuka kunci layar yang terbilang lengkap. Tidak hanya fitur-fitur dasar seperti kata sandi, pola, dan PIN, ponsel ini juga menyediakan fitur Face Unlock untuk membuka kunci hanya dengan scan wajah Anda.

Di samping itu, Anda juga akan menemukan fitur sensor sidik yang terletak di bagian belakang bodi. Kedua fitur tersebut cukup cepat serta akurat saat mendeteksi wajah dan juga sidik jari pengguna. Jadi, sudah tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan terkait data pribadi di dalam ponsel.

4. Tersedia Tiga Buah Slot

Kelebihan dan Kekurangan Samsung galaxy A21s

Jika Anda melihat pada bagian slot memori, maka akan ditemukan tiga buah slot yang dapat digunakan untuk menyematkan kartu memori eksternal sekaligus dengan dua SIM Card. Jadi ketika Anda butuh dua nomor SIM, tidak perlu mengorbankan slot memori eksternal.

Ya, keberadaan dari slot khusus untuk memori internal ini memang patut untuk mendapat apresiasi, mengingat banyak ponsel keluaran baru yang menghilangkan slot tersebut. Nah, slot memori ini memungkinkan Anda untuk menggunakan microSD dengan kapasitas hingga 512 GB.

5. Layar PLS TFT yang Lega

Kelebihan Samsung galaxy A21s

Layaknya Hp kekinian, Galaxy A21s hadir dengan layar berpanel PLS TFT yang berukuran besar, yakni 6,5 inci HD+. Layar yang mengusung desain Infinity-O tersebut, memiliki resolusi 720 x 1600 piksel dan rasio 20:9.

Sebenarnya, level dari TFT sendiri masih di bawah IPS LCD. Akan tetapi, Samsung telah mengadopsinya kemudian dikembangkan, sehingga menjadi panel PLS TFT. Ya, dapat dibilang jika PLS TFT ini adalah bentuk perlawanan dari Samsung untuk menandingi IPS LCD.

Kekurangan Samsung Galaxy A21s

Pembahasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A21s di bawah ini dikhususkan untuk membahas kekurangannya. Simak penjelasannya:

1. Performa Chipset yang Masih Kurang

Kekurangan Samsung galaxy A21s

Jika dilihat dari sisi performa, Galaxy A21s ini menggunakan chipset Exynos 850, dengan 8 inti dengan clock speed 2.0 GHz dari 8 buah ARM Cortes A55. Kemudian ada Mali G52 yang bertugas untuk mengolah grafisnya.

Chipset Exynos 850 sendiri sebenarnya sudah cukup layak digunakan untuk memainkan berbagai game terbaru. Namun pada kenyataannya, penggunaan chipset tersebut belum mampu mengalahkan para kompetitor di kelas yang sama.

2. Kapasitas Memori Internal yang Kecil

Kekurangan Samsung galaxy A21s

Seperti yang telah kita tahu, ukuran dari aplikasi dan juga file-file zaman sekarang itu cukup besar. Maka dari itu, banyak sekali vendor smartphone yang turut menghadirkan ponsel dengan kapasitas penyimpanan yang besar pula.

Namun sangat disayangkan, untuk harga Hp 2 jutaan Galaxy A21s hanya menghadirkan dua varian penyimpanan internal, yakni 32 GB dan 64 GB. Padahal saat ini Anda bisa menemukan banyak merek Hp dengan harga 2 jutaan yang menghadirkan penyimpanan internal sampai 128 GB, lho.

Meskipun begitu, hal ini tidak bisa dijadikan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A21s secara berarti ya, karena meskipun memori internal kecil, masih bisa diakali dengan memori eskternal.

3. Tidak Ada fitur Stabilizer

Kekurangan Samsung galaxy A21s

Walaupun kamera dari Galaxy A21s mampu menghasilkan gambar dan video yang berkualitas, namun sayangnya tidak ada fitur stabilizer. Stabilizer sendiri merupakan fitur penstabil gambar yang sering dicari oleh pengguna-pengguna yang gembar mengambil video.

Jika Anda juga mencari fitur tersebut, sepertinya ponsel ini bukanlah pilihan yang paling tepat. Bahkan menurut percobaan yang pernah dilakukan, kamera dari Galaxy A21s ini terbilang cukup “shaky”, dan itu adalah hal yang tidak bisa dihindari.

4. Tidak Ada Fitur NFC

Kekurangan Samsung galaxy A21s

Selain stabilizer, fitur lain yang tidak dihadirkan dalam smartphone yang satu ini adalah NFC. Tidak adanya fitur tersebut, membuat Anda akan cukup kesulitan ketika akan mengirimkan file atau data antara dua ponsel.

Padahal saat perilisannya, fitur NFC sendiri sudah banyak dihadirkan dalam Hp di kelasnya. Entah apa tujuan Samsung tidak menyertakan fitur ini, mengingat beberapa pendahulunya seperti Samsung Galaxy J6+, Samsung Galaxy J7, hingga Samsung Galaxy A7 sudah dibekali dengan NFC.

5. Tidak ada Perlindungan Corning Gorilla Glass

Kekurangan Samsung galaxy A21s

Corning Gorilla Glass sendiri menjadi salah satu aspek penting yang keberadaannya wajib untuk ponsel zaman sekarang. Dengan adanya perlindungan pada layar, maka ada pula jaminan keawetan layar dari ponsel yang digunakan.

Namun, Anda perlu berhati-hati pada saat menggunakan ponsel yang satu ini, mengingat bentang layarnya yang cukup lega. Pasalnya Samsung tidak membekali Galaxy A21s dengan lapisan Corning Gorilla Glass, jadi rawan baret apalagi retak bila terjatuh.

6. Bodi Belakang Rawan Terkena Kotoran

Kekurangan Samsung galaxy A21s

Bagian bodi belakang dari Galaxy A21s ini memang telah dibalut dengan warna-warna yang cantik dan menarik. Akan tetapi, bahan yang digunakan membuatnya mudah tertempel oleh noda debu dan juga sidik jari usai dipegang.

Terlebih lagi, Samsung tidak menyertakan pelindung bodi seperti softcase maupun hardcase resmi di dalam paket penjualannya. Jadi jika Anda ingin ponsel tetap bersih, maka harus membeli casing tambahan sendiri dari pihak ketiga.

Mungkin hanya itu kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A21s yang bisa kita review pada kesempatan kali ini. Ya, memang tidak ada ponsel yang benar-benar sempurna, namun Anda harus benar-benar mempertimbangkannya sebelum membeli dan menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like