Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A6+

Total
0
Shares

Apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A6+? Bagi yang ingin membeli smartphone ini, harus paham tentang kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Dengan mengetahui kelebihannya, pengguna bisa memanfaatkannya dan menggunakannya semaksimal mungkin.

Begitu pula jika memang ada kekurangan pada smartphone tersebut, pengguna bisa memutuskan apakah kekurangan tersebut masih bisa ditoleransi atau tidak. Nah, di bawah ini bisa dicek ulasan tentang Samsung Galaxy A6+, yang akan fokus terhadap kelebihan dan kekurangannya.

Spesifikasi Samsung Galaxy A6+

Spesifikasi Samsung Galaxy A6+ yang dibahas di bawah ini, bisa jadi pelengkap referensi sebelum pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A6+

TAMPILAN
Ukuran Layar 6″
Kedalaman Piksel 411ppi
Resolusi Layar 1080 x 2220pixels
Anti Air Tidak
Scratch Resistant Tidak
Teknologi Layar Super AMOLED
KAMERA
Resolusi Kamera Belakang 16 + 5MP
Resolusi Kamera Depan 24MP
Tipe Kamera Dual Kamera
Resolusi Video Full HD
MEMORI
Penyimpanan 32GB
RAM 4GB
Memori yang Dapat Diperluas Ya
DESAIN
Berat 191g
Material Bodi Logam
Dimensi (W x H x D) 160.2 x 75.7 x 7.9mm
BATERAI
Kapasitas Baterai 3500mAh
Charging Normal Charging
PLATFORM
Chipset Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)
Prosesor Inti Octa Core
Sistem Operasi Android
Versi OS 8.0
JARINGAN
Dual SIM Ya
SIM Card Nano-SIM
KONEKSI
USB Connectors Type-C
5G Tidak
NFC Ya
Wi-Fi Standard 802.11 a/b/g/n
FITUR
Pemindai Sidik Jari Ya
Face Recognition Tidak
HARGA
Harga Resmi Dihentikan

Kelebihan Samsung Galaxy A6+

Saat pertama kali rilis, tepatnya pada tahun 2018 lalu, Samsung Galaxy A6+ dibanderol dengan harga yang cukup mahal, mulai dari Rp3,6 juta hingga Rp3,9 juta. Sekarang, smartphone ini bisa dibeli dengan harga yang lebih murah, sekitar Rp2,7 juta.

Namun, pantaskah Samsung Galaxy A6+ dibanderol dengan harga tersebut untuk tahun 2022 ini? untuk mengetahuinya, bisa membaca ulasan tentang kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A6+ di bawah ini:

1. Memiliki Bodi Kokoh dan Baik

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A6+

Kelebihan Samsung Galaxy A6+ yang pertama adalah build-nya yang berkualitas. Ya, bodi Samsung Galaxy A6+ terbuat dari material yang berkualitas. Hal ini membuat bodi smartphone ini tampak kokoh dan tahan banting.

Memang, dari segi desain, smartphone ini tidak terlalu istimewa, tidak terlalu banyak inovasi di dalamnya. Namun dari segi ketahanan dan fungsinya, smartphone ini sudah cukup baik. Meskipun tampak kokoh, Samsung Galaxy A6+ juga terasa nyaman di genggaman.

2. Layar Super AMOLED

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A6+

Layaknya smartphone Samsung kebanyakan (di rentang harga yang sama), Samsung Galaxy A6+ sudah dibekali dengan layar panel Super AMOLED. Layar jenis ini tentu jauh lebih bagus daripada layar jenis TFT, seperti yang dimiliki smartphone harga 1-2 jutaan.

Ada banyak keunggulan dari layar Super AMOLED, seperti kemampuannya untuk menghemat daya, bentuknya yang lebih tipis, bisa menampilkan kontras dengan baik dan lain sebagainya. Layar pun akan terlihat jelas meski sedang berada di bawah terik matahari.

3. Hasil Kamera yang Baik

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A6+

Samsung Galaxy A6+ sudah dibekali dengan pengaturan kamera yang cukup bisa diandalkan, tentunya untuk tahun 2018. Ya, smartphone ini sudah dibekali dengan dua kamera utama, yang berukuran 16MP dan 5MP serta kamera depan ukuran 24MP.

Mungkin banyak yang meremehkan pengaturan kameranya, namun terbukti Samsung Galaxy A6+ bisa menghasilkan jepretan yang lumayan. Kamera Samsung Galaxy A6+ bisa menghasilkan foto yang detail, bahkan jika mengambilnya di kondisi cahaya yang minimalis.

4. Bixby Vision

Samsung Galaxy A6+ juga sudah dilengkapi dengan fitur istimewa, yaitu Bixby Vision. Dengan fitur ini, pengguna bisa menerjemahkan bahasa asing dengan mudah, caranya cukup dengan memotret gambar dengan bahasa asing tersebut lalu akan diterjemahkan oleh Bixby Vision.

Kenapa disebut istimewa? Biasanya, fitur semacam ini hanya dimiliki oleh smartphone Samsung flagship, seperti Galaxy S9. Namun, sekarang sudah dimasukkan ke smartphone kelas menengah seperti Samsung Galaxy A6+. Sangat membantu untuk para traveller atau insinyur yang sering menemui petunjuk manual.

5. Dolby Atmos

Kelebihan Samsung Galaxy A6+

Review Samsung Galaxy A6+ berikutnya adalah menyasar kualitas audionya yang luar biasa. Ya, jika ingin merasakan sensasi menonton film layaknya di bioskop hanya dengan smartphone, disarankan untuk membeli Samsung Galaxy A6+.

Pasalnya, smartphone ini sudah dibekali dengan fitur Dolby Atmos, membuatnya bisa mengeluarkan suara yang gahar dan maksimal. Namun, fitur ini hanya berlaku jika pengguna menggunakan headset atau earphone, sangat cocok untuk gamer Free Fire, PUBG Mobile dan sejenisnya.

6. Sensor Fingerprint

Kelebihan Samsung Galaxy A6+

Samsung Galaxy A6+ memiliki fitur fingerprint sebagai sistem keamanannya. Sensor fingerprint di smartphone ini diletakkan di bagian belakang. Keterbacaannya juga cukup responsif, namun tidak bisa disamakan dengan smartphone keluaran terbaru.

Dengan fitur ini, pengguna bisa membuka smartphone dengan mudah, cukup menempelkan sidik jari yang didaftarkan. Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A6+ seperti ini memang harus dipahami, agar calon pembeli tidak akan menyesal di kemudian hari.

Kekurangan Samsung Galaxy A6+

Dengan harga yang hampir mencapai 4 jutaan (harga baru), ternyata smartphone ini masih banyak memiliki kekurangan. Memang, smartphone ini sudah keluar 4 tahun yang lalu, namun tidak seharusnya memiliki kekurangan-kekurangan yang remeh, yang seharusnya tidak mereka miliki.

1. Kapasitas Baterai Minimalis

Kekurangan Samsung Galaxy A6+

Kekurangan Samsung Galaxy A6+ yang pertama adalah kapasitas baterainya yang minimalis. Ya, smartphone ini hanya dibekali dengan baterai kapasitas 3.500 mAh. Memang cukup banyak untuk tahun 2018, namun masih kurang banyak untuk tahun 2022.

Ya, dengan harga 3,5 jutaan, calon pembeli bisa mendapatkan smartphone dengan baterai yang lebih besar, dengan harga yang lebih murah. Namun begitu, kapasitas semacam ini masih bisa diandalkan untuk penggunaan sehari-hari, namun tidak bisa digunakan dalam sehari penuh.

2. Tidak Ada Dukungan Fast Charging

Kekurangan Samsung Galaxy A6+

Selain baterainya yang minimalis, Samsung Galaxy A6+ juga tidak memiliki fitur fast charging. Padahal, fitur semacam ini sangat penting, mengingat kapasitas baterainya yang kurang banyak. Seharusnya, fitur ini akan membantu mengecas baterai Galaxy A6+ dengan cepat.

Jadi, selain baterainya yang cepat habis, pengguna juga harus menunggu lama untuk isi ulang baterai hingga penuh. Untuk harga lama maupun baru, Samsung Galaxy A6+ sama sekali tidak layak, jadi mending beli smartphone lainnya yang lebih baik.

3. Tidak Ada NFC

Kekurangan Samsung Galaxy A6+

2022 ini, fitur NFC di dalam smartphone sangat penting, khususnya mereka yang tinggal dan berdomisili di kota besar. Pasalnya, ada banyak metode pembayaran yang mudah dan tidak perlu menggunakan uang tunai, salah satunya adalah dengan NFC.

Sayangnya, Samsung Galaxy A6+ belum memiliki fitur tersebut, yang mana sangat disayangkan. Seharusnya, dengan harga hampir 4 jutaan, sudah ada fitur NFC di dalamnya. Namun bisa dimaklumi sih, mengingat smartphone ini sudah keluar 4 tahun yang lalu.

4. Fitur Rekaman Video Terbatas

Kekurangan Samsung Galaxy A6+

Review kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A6+ berikutnya fokus pada kelemahan yakni tidak memiliki fitur rekaman yang memadai. Maksudnya, smartphone ini memiliki fitur rekaman yang terbatas, di mana video yang dihasilkan memiliki kualitas yang biasa saja.

Padahal, dengan harga yang sama, sudah bisa mendapatkan smartphone yang bisa melakukan perekaman kualitas 4K di 30fps. Dengan smartphone ini, pengguna hanya bisa merekam video kualitas 1080p di 30fps.

5. Performa Biasa Saja

Kekurangan Samsung Galaxy A6+

Bisa dibilang, Samsung Galaxy A6+ adalah smartphone dengan harga 3 jutaan yang menggunakan chipset 1-2 jutaan. Bisa dipastikan, performa dari smartphone ini terasa biasa saja, tentunya jika dibandingkan dengan smartphone dengan harga yang sama.

Samsung Galaxy A6+ memiliki chipset Snapdragon 450, yang cukup memadai untuk menjalankan aplikasi dan game ringan. Mungkin, HP ini masih bisa digunakan untuk memainkan game seperti Free Fire, tentunya dalam kualitas yang paling rendah.

Masih tertarik untuk membeli Samsung Galaxy A6+? Dari ulasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A6+ diatas, bisa disimpulkan bahwa smartphone ini tidak worth it sama sekali, setidaknya untuk tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like