Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A6

Total
0
Shares

Sekarang memang sudah tahun 2022, namun masih banyak smartphone keluaran lama yang worth it untuk dibeli, salah satunya adalah Samsung Galaxy A6, yang keluar pada tahun 2018 lalu. Nah, sebelum membeli smartphone ini, harus paham dulu kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A6.

Hal ini penting, agar tidak ada kekecewaan di kemudian hari, akibat produk yang diterima tidak sesuai dengan yang diharapkan. Nah, bagi yang tertarik untuk membeli Samsung Galaxy A6, bisa membaca review-nya di bawah ini, yang akan fokus pada kelebihan dan kekurangan smartphone tersebut.

Spesifikasi Samsung Galaxy A6

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A6

Setelah menyimak spesifikasinya, saatnya cek lebih detail tentang kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A6.

TAMPILAN
Ukuran Layar 5.6″
Kedalaman Piksel 293ppi
Resolusi Layar 720 x 1480pixels
Anti Air Tidak
Scratch Resistant Tidak
Teknologi Layar Super AMOLED
KAMERA
Resolusi Kamera Belakang 16MP
Resolusi Kamera Depan 16MP
Tipe Kamera Single Kamera
Resolusi Video Full HD
MEMORI
Penyimpanan 32GB
RAM 3GB
Memori yang Dapat Diperluas Ya
DESAIN
Berat 162g
Material Bodi Logam
Dimensi (W x H x D) 149.9 x 70.8 x 7.7mm
BATERAI
Kapasitas Baterai 3000mAh
Charging Fast Charging
PLATFORM
Chipset Exynos 7870 Octa (14 nm)
Prosesor Inti Octa Core
Sistem Operasi Android
Versi OS Android 8
JARINGAN
Dual SIM Ya
SIM Card Nano-SIM
KONEKSI
USB Connectors Micro-USB
5G Tidak
NFC Ya
Wi-Fi Standard 802.11 a/b/g/n
FITUR
Pemindai Sidik Jari Ya
Face Recognition Ya
HARGA
Harga Resmi Dihentikan

Kelebihan Samsung Galaxy A6

1. Terbuat dari Material Solid

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A6

Bicara tentang kelebihan Samsung Galaxy A6, salah satunya adalah bodinya, yang terbuat dari material yang solid. Betapa tidak, Samsung Galaxy A6 terbuat dari metal, yang digunakan untuk membalut bodi keseluruhannya.

Meskipun bagian belakang smartphone ini tidak glossy dan justru terlihat kaku, namun penampilan smartphone ini tetap representatif. Karena terbuat dari material yang kuat, pengguna tidak perlu khawatir bodi smartphone patah, hancur dan sejenisnya.

2. Panel Super AMOLED

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A6

Review kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A6 berikutnya menyasar bagian layarnya, yang sudah menggunakan panel Super AMOLED. Sebenarnya hal ini sudah biasa, karena hampir semua smartphone Samsung menggunakan panel tersebut.

Memang, panel Super AMOLED memiliki banyak kelebihan, jadi tidak heran jika Samsung sering menggunakannya. Beberapa kelebihan dari panel Super AMOLED ini adalah bentuknya yang tipis, sangat responsif, hemat daya dan lain sebagainya.

3. Infinity Display

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A6

Kelebihan Samsung Galaxy A6 berikutnya adalah layarnya yang mengusung konsep Infinity Display. Ya, smartphone ini menggunakan desain dengan bingkai yang tipis, sebuah tren yang memang marak dan ramai digunakan mulai dari tahun 2018.

Dengan demikian, berkat konsep tersebut, layar smartphone Samsung Galaxy A6 akan terlihat lebih luas, meskipun memiliki bodi yang cukup besar. Karena layar yang luas (rasio 18,5:9), pengguna akan merasa nyaman dan lega saat menonton video maupun bermain game di Galaxy A6.

Kekurangan Samsung Galaxy A6

1. Harga Terlalu Mahal

Kekurangan Samsung Galaxy A6

Review Samsung Galaxy A6 berikutnya akan fokus kepada kekurangan dari smartphone ini. Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh smartphone ini adalah harganya yang mahal. Saat pertama kali rilis pada 2018 lalu, Samsung Galaxy A6 dibanderol sekitar 3,5 jutaan.

Sekarang mungkin sudah turun, namun tidak sedrastis yang diharapkan. Padahal, sekarang sudah banyak kompetitor lain yang mengeluarkan produk dengan harga sama, namun memiliki teknologi dan fitur yang jauh lebih baik.

2. Kamera Biasa Saja

Kekurangan Samsung Galaxy A6

Spesifikasi kamera adalah salah satu hal yang dipertimbangkan calon pembeli ketika ingin membeli sebuah smartphone. Sayangnya, kamera Samsung Galaxy A6 sangat mengecewakan, tentunya jika dibandingkan dengan harganya yang mahal.

Ya, Samsung Galaxy A6 hanya dibekali dengan satu kamera utama, yaitu 16MP dengan fitur seperti PDAF, LED Flash, Panorama dan HDR. Kamera depan juga memiliki pengaturan yang sama, yaitu satu lensa 16MP dengan fitur LED Flash.

3. Daya Tahan Baterai Kurang

Kekurangan Samsung Galaxy A6

Untuk ukuran sekarang, daya tahan baterai Samsung Galaxy A6 masih sangat kurang, karena hanya memiliki baterai dengan kapasitas 3.000 mAh. Memang mumpuni untuk penggunaan kasual, namun sangat kurang jika digunakan untuk aktivitas berat seperti gaming, streaming dan lain sebagainya.

Mungkin, pada tahun 2018 lalu, baterai kapasitas 3.000 mAh sudah cukup memadai. Sayangnya, tidak lagi relevan sekarang ini, di mana banyak smartphone yang sudah dibekali dengan baterai kapasitas 5.000, 6.000 hingga 7.000 mAh dengan harga yang lebih murah.

4. Kapasitas Penyimpanan Kecil

Kekurangan Samsung Galaxy A6

Jika ingin membeli smartphone dengan kapasitas memori yang besar, Samsung Galaxy A6 bukanlah jawabannya. Dari review kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A6 ini, bisa diketahui bahwa smartphone ini hanya menawarkan memori internal sampai 32GB saja.

Tentunya, hal ini sangat mengecewakan, mengingat harga Samsung Galaxy A6 yang hampir 4 juta saat pertama kali rilis. Dengan kapasitas tersebut, pengguna memang bisa menyimpan beberapa file dan download game berat, namun tidak akan leluasa sama sekali.

5. Resolusi Layar Rendah

Kekurangan Samsung Galaxy A6

Samsung Galaxy A6 memang sudah dibekali dengan layar panel Super AMOLED. Sayangnya, hal tersebut tidak dibarengi dengan resolusi layarnya. Ya, resolusi layar Samsung Galaxy A6 masih sangat basis, hanya memiliki resolusi 720 x 1480 piksel.

Dengan resolusi tersebut, layar akan mengalami pixelization ketika diperbesar. Menonton video dan bermain game pun terasa kurang maksimal akibat layar smartphone yang kurang bagus. Sangat disayangkan memang, mengingat harganya yang mahal.

6. RAM Kecil

Kekurangan Samsung Galaxy A6

Banyak calon pembeli yang mempertimbangkan kapasitas RAM ketika membeli sebuah smartphone. Ada benarnya memang, karena dengan RAM besar, mereka bisa membuka aplikasi dan game dengan smooth. Pastinya, untuk multitasking pun akan lancar jika RAM smartphone memadai.

Sayangnya, RAM Samsung Galaxy A6 sangat minimalis, hanya 3GB saja. Sangat kurang, karena sudah banyak smartphone murah dengan kapasitas RAM yang lebih besar. Jika melihat smartphone dari RAM, maka Samsung Galaxy A6 bukanlah opsi yang disarankan.

7. Tidak Ada Dukungan Fast Charging

Kekurangan Samsung Galaxy A6

Smartphone jaman sekarang akan terasa kurang jika tidak dilengkapi dengan fitur fast charging. Fitur ini memang sangat membantu, karena bisa isi ulang baterai dengan cepat. Biasanya, hanya butuh sekitar dua jam saja untuk mengecas baterai smartphone hingga penuh.

Nah, Samsung Galaxy A6 sayangnya belum memiliki fitur tersebut, meskipun sebenarnya sangat membutuhkan, mengingat kapasitas baterainya yang hanya 3.000 mAh. Jadi, terpaksa pengguna smartphone ini harus isi ulang baterai hingga penuh dalam waktu yang lebih lama.

8. Performa Biasa Saja

Kekurangan Samsung Galaxy A6

Mengetahui kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A6 penting untuk calon pembeli, terutama soal performa dari smartphone tersebut. Nah, performa dari smartphone dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya adalah chipset yang diusungnya.

Sayangnya, untuk harganya yang 3,5 jutaan, chipset Samsung Galaxy A6 tidak terlalu istimewa. Ya, smartphone ini dibekali dengan chipset Exynos 7870, yang setara dengan Snapdragon 625. Meskipun begitu, masih bisa diandalkan untuk menjalankan game, namun dengan kualitas grafis paling bawah.

9. Desain Membosankan

Kekurangan Samsung Galaxy A6

Bodi Samsung Galaxy A6 memang terbuat dari material yang kokoh, sayangnya tidak didukung dengan desain yang baik. Ya, desain smartphone ini memang terlihat kuno dan membosankan, bahkan sekilas mirip dengan pendahulunya, yaitu Samsung J-Series.

10. Tidak Ada Sertifikasi Debu dan Air

Kekurangan Samsung Galaxy A6

Dengan harga tersebut, seharusnya Samsung Galaxy A6 sudah memiliki sertifikasi tahan air dan debu. Sayangnya, Samsung Galaxy A6 belum memilikinya sama sekali. Jadi, pengguna harus hati-hati ketika menggunakan smartphone ini, harus menghindarkannya dari terpaan air maupun debu.

Di atas adalah ulasan tentang kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A6 yang harus diketahui, khususnya bagi yang ingin membelinya. Kesimpulannya adalah, Samsung Galaxy A6 mungkin masih relevan untuk tahun 2018, namun sekarang sudah tahun 2022, jadi sudah tidak relevan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like