Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A71

Total
0
Shares

Menjadi penerus dari Galaxy A70, tentu saja bukan tugas yang mudah bagi Samsung Galaxy A71 untuk bersaing di kelas ponsel mid-end. Sudah pasti, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A71 sangat berpengaruh dalam persaingan yang dilakukan.

Akan tetapi, Samsung sendiri tidak membawa seri Galaxy A71 ini secara resmi di pasaran Indonesia. Namun tidak usah khawatir, Anda masih bisa membelinya di toko-toko online. Nah, sebelum itu, mari kita review Samsung Galaxy A71 terlebih dahulu.

Spesifikasi Samsung Galaxy A71

Berikut ini adalah spesifikasi Samsung Galaxy A71:

Tampilan
Ukuran Layar 6.7″
Kedalaman Piksel 393ppi
Resolusi Layar 1080 x 2400pixels
Anti Air Tidak
Scratch Resistant Tidak
Teknologi Layar Super AMOLED Plus
Kamera
Resolusi Kamera Belakang 64 + 12 + 5 + 5MP
Resolusi Kamera Depan 32MP
Tipe Kamera Single Kamera
Resolusi Video 4K
Memori
Penyimpanan 128GB
RAM 8GB
Memori yang Dapat Diperluas Ya
Desain
Berat 179g
Material Bodi Plastik
Dimensi (W x H x D) 163.6 x 76 x 7.7mm
Baterai
Kapasitas Baterai 4500mAh
Charging Fast Charging
Platform
Chipset Qualcomm SDM730 Snapdragon 730 (8 nm)
Prosesor Inti Octa Core
Sistem Operasi Android
Versi OS 10
Jaringan
Dual SIM Ya
SIM Card Nano-SIM
Koneksi
USB Connectors Type-C
5G Tidak
NFC Ya
Wi-Fi Standard 802.11 a/b/g/n/ac
Fitur
Pemindai Sidik Jari Ya
Face Recognition Ya
Harga
Harga Resmi 5.499.000

Kelebihan Samsung Galaxy A71

Walaupun hadir menjadi penerus dari Galaxy A70, namun hal itu bukan berarti bahwa ponsel yang satu ini benar-benar sempurna. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A71 yang dapat dipertimbangkan sebelum membelinya. Berikut kelebihan dari A71 yang perlu Anda ketahui.

1. Kamera yang Bagus

Galaxy A71 hadir dengan membawa konfigurasi empat kamera pada bagian belakang bodinya. Kamera utamanya beresolusi 64 MP dengan teknologi Tetracell Quad Bayer dan juga sensor Samsung ISOCELL Bright GW1.

Kemudian ada kamera ultra-wide 12 MP, kamera makro 5 MP, serta kamera untuk efek kedalaman dengan sensor 5 MP. Konfigurasi empat kamera tersebut pastinya terasa menarik, dan tentu saja mampu menghasilkan tangkapan gambar yang berkualitas tinggi.

2. Merekam Video 4K

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A71

Review kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A71 yang berikutnya, adalah kemampuannya dalam merekam video. Ya, bisa dibilang jika ponsel ini mampu menghasilkan video dengan kualitas yang sangat bagus. Kamera yang dimilikinya, memungkinkan Anda untuk merekam dengan kualitas video 4K.

Bukan hanya perekaman video pada 4K saja, namun video beresolusi 1080p pada ponsel ini juga terbilang bagus. Video yang dihasilkan, mempunyai detail yang cukup tinggi serta rentang dinamisnya juga sangat baik. Selain itu, warna dan kontrasnya juga terlihat natural.

3. Adanya Fitur Super Steady

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A71

Tidak hanya dari kualitas video yang dihasilkan, pengalaman Anda untuk merekam dengan ponsel juga akan terbantu dengan adanya fitur super steady. Dengan stabilizer ini, maka Anda dapat menghasilkan pergerakan gambar yang benar-benar halus tanpa ada guncangan.

Namun sebenarnya super steady sendiri bukanlah fitur yang istimewa untuk Hp dengan harga 4 jutaan rupiah. Pasalnya, hampir semua ponsel di kelas tersebut yang telah menyertakan fitur stabilizer ini. Meskipun begitu, fitur ini sangat penting dan selalu menjadi kelebihan pada sebuah ponsel.

4. Kamera Selfie dengan Resolusi Tinggi

Kelebihan Samsung Galaxy A71

Tahukah Anda, jika Samsung Galaxy A71 dibekali dengan kamera depan 32 MP Quad Bayer. Ya, sepertinya Samsung memang memikirkan dengan benar kebutuhan selfie photo yang sering dilakukan oleh para penggunanya.

Walaupun kamera depan ini belum dilengkapi dengan mode HDR, namun kualitas foto selfie yang dihasilkan sudah cukup baik. Hanya saja, Anda harus berada di tempat dengan cahaya yang cukup untuk hasil selfie yang maksimal.

5. Performa yang Tangguh

Kelebihan Samsung Galaxy A71

Samsung Galaxy A71 menggunakan chipset Snapdragon 730G dengan proses fabrikasi 8 nm untuk bagian dapur pacunya. Dalam chipset ini, terdapat prosesor Octa-core dengan bantuan GPU Adreno 618 untuk pengolah grafisnya.

Dengan menggunakan chipset tersebut, sudah jelas jika performa dari Samsung Galaxy A71 dalam melibas berbagai game berat tidak perlu dipertanyakan lagi. Anda tidak perlu khawatir akan muncul lag atau patah-patah meskipun menggunakan mode grafis tinggi pada game yang dimainkan.

6. Daya Tahan Baterai yang Awet

Kelebihan Samsung Galaxy A71

Di dalam bodi Samsung Galaxy A71 ini, terdapat baterai dengan kapasitas sebesar 4.500 mAh. Dengan kapasitas tersebut, ponsel tersebut bisa diandalkan untuk menjalani berbagai macam aktivitas tanpa perlu mengisi ulang daya baterai berkali-kali.

Menurut penelitian yang pernah dilakukan, daya tahan baterai dari HP bisa lebih dari sehari penuh. Bahkan untuk penggunaan secara normal, ponsel ini bisa terus digunakan tanpa pengisian ulang daya hingga dua hari, lho.

7. Dukungan Fitur Fast Charging 25W

Kelebihan Samsung Galaxy A71

Kapasitas baterai yang besar tersebut, tentu saja sudah didukung dengan teknologi pengisian cepat sebesar 25W. Dengan adanya teknologi ini, maka baterai HP bisa terisi dalam waktu yang jauh lebih cepat. Samsung mengklaim bahwa baterai ponsel ini bisa terisi penuh dari kosong hanya dalam waktu 80 menit.

Tentu saja 80 menit adalah waktu yang cukup cepat untuk mengisi daya baterai sebuah ponsel dari kondisi benar-benar kosong hingga penuh, bukan? Sedangkan untuk pengisian hingga 50 persen, dibutuhkan waktu sekitar 30 menitan saja.

8. Penggunaan OneUI 2 berbasis Android 10 serta Fitur NFC

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A71

Bisa dibilang jika penggunaan One UI 2 yang berbasis pada Android 10 adalah sebuah kelebihan dari ponsel terbaru. Antarmuka yang satu ini, mampu menghadirkan berbagai fitur yang menarik. Bahkan, tidak sedikit fitur One Ui yang biasa ditemukan pada ponsel kelas, turut disematkan di Galaxy A71 ini.

Selain Antarmuka One UI, ponsel tersebut juga telah dilengkapi dengan fitur yang sangat dibutuhkan untuk saat ini, yakni NFC. Fitur NFC sendiri, memungkinkan ponsel untuk dijadikan sebagai remote untuk mengontrol AC dan TV.

9. Layar Lega dengan Panel Super AMOLED

Kelebihan Samsung Galaxy A71

Galaxy A71 hadir dengan layar berukuran 6,7 inci, yang mempunyai resolusi 1080 x 2400 pixels serta rasio 20:9. Tentu saja ukuran dari layar tersebut tergolong luas dan juga akan terasa sangat nyaman untuk menonton video.

Terlebih lagi, layar ini juga sudah menggunakan jenis panel Super AMOLED Plus, dimana panel tersebut merupakan salah satu panel layar terbaik dan banyak digunakan pada ponsel-ponsel kelas atas. Jadi, layar dari ponsel ini mampu menghadirkan kontras rasio dan tingkat warna yang bagus.

Kekurangan Samsung Galaxy A71

Setiap ponsel pasti punya plus minusnya sendiri-sendiri. Nah, untuk Galaxy A71, berikut ini beberapa kekurangan yang akan Anda rasakan pada saat menggunakannya.

1. Adanya Persoalan pada Kamera Makro

Kekurangan Samsung Galaxy A71

Ya, dapat dikatakan bahwa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A71 berasal dari sektor kamera. Ponsel ini memang mempunyai keunggulan pada bagian kamera belakang. Akan tetapi, tidak semua lensa di dalamnya mempunyai kemampuan yang baik.

Khususnya untuk kamera makro, rasanya menjadi satu-satunya lensa yang kualitasnya seperti kurang meyakinkan. Kualitas dari kamera makro pada Galaxy A71 seperti memiliki batasan dalam penggunaanya. Bahkan sebenarnya akan lebih baik jika Samsung menyematkan lensa telephoto ketimbang lensa makro.

2. Desain yang “Glasstic”

Kekurangan Samsung Galaxy A71

Kekurangan Galaxy A71 berikutnya berasal dari bahan pembuat bodi yang terbuat dari polikarbonat. Memang ponsel ini mempunyai tampilan yang cantik, dan juga terbilang ergonomis. Hanya saja bodinya yang “glasstic” membuatnya terasa kurang.

Polikarbonat sendiri adalah plastik yang dipoles, sehingga membuatnya tampak seperti dari kaca. Hal itulah yang membuat desain semacam itu disebut dengan istilah Glasstic. Bukan tidak mungkin penggunaan bodi plastik akan mengurangi nilai desain pada ponsel hanya agar terlihat premium.

Dengan mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A71 di atas, maka Anda bisa lebih bijak untuk menentukan keputusan apakah akan menggunakan ponsel ini atau tidak. Jika dua kekurangan di atas tidak menjadi masalah, maka Galaxy A71 bisa menjadi pilihan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like