Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A8 2018

Total
0
Shares

Banyak yang beranggapan bahwa Samsung Galaxy A8 2018 adalah versi lebih murah dari Samsung Galaxy S8. Kedua HP ini memang rilis dalam waktu hampir bersamaan. Lalu, apakah smartphone ini masih layak untuk sekarang? Di sini, akan dibahas kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A8 2018.

Bisa dibilang, Galaxy Seri A adalah smartphone flagship mini milik Samsung, yang memiliki fitur lengkap. Tentunya, kualitasnya tidak bisa dibandingkan dengan smartphone premium lainnya. Namun, untuk tahun 2018, harga smartphone ini termasuk sudah mahal. Lalu, apakah produknya layak sesuai harga?

Simak penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A8 2018 di bawah ini:

Spesifikasi Samsung Galaxy A8 2018

TAMPILAN
Ukuran Layar 5.6″
Kedalaman Piksel 441ppi
Resolusi Layar 1080 x 2220pixels
Anti Air Ya
Scratch Resistant Ya
Teknologi Layar Super AMOLED
KAMERA
Resolusi Kamera Belakang 16MP
Resolusi Kamera Depan 16 + 8MP
Tipe Kamera Dual Kamera
Resolusi Video Full HD
MEMORI
RAM 4GB
Memori yang Dapat Diperluas Ya
DESAIN
Berat 172g
Material Bodi Aluminium
Dimensi (W x H x D) 70.6 x 149.2 x 8.4mm
BATERAI
Kapasitas Baterai 3000mAh
Charging Fast Charging
PLATFORM
Chipset Exynos 7885 (14 nm)
Prosesor Inti Octa Core
Sistem Operasi Android
Versi OS Android 9.0 (Pie)
JARINGAN
Dual SIM Tidak
SIM Card Nano-SIM
KONEKSI
USB Connectors Type-C
5G Tidak
NFC Ya
Wi-Fi Standard 802.11 a/b/g/n/ac
FITUR
Pemindai Sidik Jari Ya
Face Recognition Tidak
HARGA
Harga Resmi Dihentikan

Kelebihan Samsung Galaxy A8 2018

Saat pertama kali rilis, smartphone ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal, mencapai 5,5 juta. Mungkin hal itu bisa jadi kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A8 2018 tersendiri. Pada tahun 2018, tentu itu menjadi masuk akal.

Namun bagaimana dengan tahun ini (2022)? Semakin berkembangnya teknologi, terus bermunculan smartphone yang lebih canggih dengan harga yang sama.

Nah, di bawah ini akan fokus membahas kelebihan Galaxy A8 2018, dan apakah smartphone ini masih layak untuk dibeli sekarang. Ulasan di bawah ini sangat cocok untuk penggemar Samsung yang ingin membeli smartphone kelas menengah.

1. Water Resistant

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A8 2018

Salah satu kelebihan Samsung Galaxy A8 2018 adalah telah memiliki sertifikasi water resistant, membuat smartphone ini tahan air. Ya, Samsung Galaxy A8 2018 telah mendapatkan sertifikat IP68, menjadi bukti bahwa smartphone ini bisa tahan air dan debu.

Sertifikat tersebut menunjukkan bahwa Samsung Galaxy A8 2018 dapat bertahan di dalam air selama 30 menit, dalam kedalaman 1,5 meter. Jadi, smartphone ini tidak akan rusak ketika masuk ke dalam air. Sangat jarang smartphone kelas menengah memiliki sertifikat tahan air dan debu seperti ini.

2. Dual Front Camera

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A8 2018

Kelebihan Samsung Galaxy A8 2018 berikutnya adalah pengaturan kamera depannya yang sangat memadai. Smartphone ini sudah dibekali dengan dua kamera depan, dengan resolusi 16MP dan 8MP (f/1.9), bisa diandalkan untuk menghasilkan selfie terbaik.

Kamera depan Samsung Galaxy A8 2018 juga memiliki fitur live focus, bisa memberikan efek bokeh ke dalam foto. Ada lagi fitur selfie standard dan wide selfie, dengan hasil foto yang tajam dan detail, meskipun diambil di ruangan yang kurang cahaya.

3. Layar Super AMOLED

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A8 2018

Harganya yang terbilang mahal, membuat Samsung membekali smartphone ini dengan panel layar Super AMOLED. Panel layar jenis ini terkenal akan kelebihan-kelebihannya, seperti gambar yang terlihat jelas, jernih dan kontras, hemat konsumsi daya dan lain sebagainya.

Dengan spesifikasi layar seperti ini, pengguna bisa bermain game dengan lebih menyenangkan dan realistis. Begitu pula saat mereka menonton film, bisa mendapatkan pengalaman yang sama sekali baru. Apalagi sudah ada fitur Blue Light Filter, yang membuat mata nyaman saat memandang layar lama.

4. Kapasitas Baterai Lumayan

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A8 2018

Untuk tahun 2018, kapasitas baterai yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8 2018 cukup memadai. Ya, smartphone ini memiliki baterai kapasitas 3.000 mAh, membuat pengguna bisa mengoperasikan smartphone ini seharian penuh.

Namun, jika digunakan untuk aktivitas berat seperti gaming dan streaming dalam waktu lama, tentu akan tekor. Beruntungnya, sudah ada fitur fast charging di dalamnya, membuat pengguna bisa isi ulang baterai Samsung Galaxy A8 2018 dengan lebih cepat.

5. Bodi Kokoh dan Premium

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A8 2018

Review kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A8 2018 berikutnya adalah bagian bodinya. Samsung Galaxy A8 2018 termasuk memiliki body yang kokoh, bahkan terlihat premium. Tidak heran, smartphone ini memang terbuat dari material metal 3D glass yang membuatnya terlihat mewah.

Bodinya juga dilapisi dengan Corning Gorilla Glass, membuatnya tahan terhadap segala macam goncangan dan benturan. Jadi tidak perlu khawatir smartphone ini akan hancur, meski jatuh ke lantai atau mendapatkan benturan semacamnya.

6. Sensor Fingerprint yang Mudah Dijangkau

Kelebihan Samsung Galaxy A8 2018

Review Samsung Galaxy A8 2018 berikutnya adalah di bagian sistem keamanannya. Smartphone ini sudah dilengkapi dengan sensor fingerprint atau sidik jari. Memudahkan pengguna untuk membuka smartphone yang terkunci, atau mengkonfirmasi pembayaran yang berhubungan dengan perbankan.

Apalagi, sensor fingerprint tersebut diletakkan di tempat yang mudah dijangkau, tepatnya di bagian belakang HP di bawah kamera. Jadi, pengguna bisa meraihnya dengan mudah. Untuk smartphone yang keluar tahun 2018, hal seperti ini sudah cukup bagus dan bisa diterima.

7. Dukungan Dua Kartu SIM

Kelebihan Samsung Galaxy A8 2018

Penting untuk memahami kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A8 2018, termasuk apakah smartphone ini mendukung satu SIM atau double SIM. Kabar baiknya, Samsung Galaxy A8 2018 sudah mendukung dual SIM, jadi pengguna bisa memasukkan dua kartu SIM mereka.

Tidak hanya itu, kedua kartu SIM tersebut juga sudah 4G, dengan kecepatan download hingga 600 Mbps. Jadi, jika kartu SIM belum 4G, maka disarankan untuk segera mendaftarkannya ke provider masing-masing, agar bisa memanfaatkan fitur 4G di smartphone ini.

8. Dukungan NFC

Kelebihan Samsung Galaxy A8 2018

Dengan harga yang hampir mencapai 6 jutaan, sangat wajar jika Samsung membekali Galaxy A8 2018 ini dengan fitur NFC. Dengan fitur ini, pengguna bisa melakukan pembayaran digital atau transaksi lainnya dengan mudah.

Fitur NFC memang sangat dibutuhkan, terutama untuk mereka yang tinggal di kota-kota besar. Sekarang sudah jamannya digital, jadi smartphone pun harus beradaptasi semua perkembangan teknologi dan mengimplementasikannya di perangkat mereka.

9. Dukungan Face Recognition

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A8 2018

Tidak hanya sidik jari saja, Samsung Galaxy A8 2018 juga sudah mendukung face recognition. Pengguna bisa mendaftarkan foto wajah mereka ke sistem, dan menggunakannya untuk membuka smartphone dan sistem keamanan lainnya.

Kekurangan Samsung Galaxy A8 2018

1. Tidak Mendukung Perekaman Video 4K

Kekurangan Samsung Galaxy A8 2018

Sayangnya, smartphone ini belum dibekali kemampuan untuk merekam video dengan kualitas 4K. Karena itu, smartphone ini tidak cocok bagi mereka yang suka vlogging. Mereka bisa merekam video dengan kualitas yang lumayan, yaitu 1080 di 30fps, namun tidak cukup bagus jika diunggah ke media sosial.

2. Kamera Belakang Mengecewakan

Kekurangan Samsung Galaxy A8 2018

Apalagi untuk tahun 2022, di mana banyak smartphone yang mengusung 3 bahkan 4 kamera belakang, dengan kegunaan yang berbeda-beda. Ya, Galaxy A8 2018 hanya memiliki satu kamera utama, resolusi 16MP, dengan kualitas yang biasa saja.

3. Memori Internal Minimalis

Kekurangan Samsung Galaxy A8 2018

Kekurangan Samsung Galaxy A8 2018 berikutnya adalah memori internalnya yang hanya 32GB, sama sekali tidak memadai untuk jaman sekarang. Memang ada slot memori eksternal, namun pengguna harus mengorbankan salah satu kartu SIM mereka.

4. Android Nougat

Kekurangan Samsung Galaxy A8 2018

Tahun 2018 lalu, smartphone yang masih menggunakan Android Nougat jarang yang melirik, apalagi sekarang. Ya, Samsung Galaxy A8 2018 memang masih menggunakan Android Nougat sebagai sistem operasinya, yang mana tidak relevan untuk tahun 2022 ini.

Ulasan tentang kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A8 2018 di atas menunjukkan satu hal, bahwa smartphone ini sudah tidak layak dibeli untuk tahun 2022. Jadi, bagi yang ingin membeli HP Android, disarankan untuk membeli HP Samsung yang lebih baik, atau beralih ke merek lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like