Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J2 Pro

Total
0
Shares

Seri Galaxy J2 Pro merupakan salah satu produk Samsung yang launching pada tahun 2018. Ciri khas dari ponsel ini memiliki fitur-fitur yang menarik. Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J2 pro akan dibahas lengkap melalui artikel ini.

Secanggih apapun smartphone yang akan dibeli, tentu tidak semuanya sempurna. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai seri Galaxy J2 Pro ini, mari simak reviewnya di bawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy J2 Pro

Sebelum masuk ke pembahasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J2 Pro, tak akan lengkap jika Anda belum mengetahui spesifikasi dari seri Samsung ini. Maka dari itu, berikut sudah disajikan tabel spesifikasinya:

 

Tampilan
Ukuran Layar 5″
Kedalaman Piksel 220ppi
Resolusi Layar 540 x 960pixels
Anti Air Ya
Scratch Resistant Ya
Teknologi Layar Super AMOLED
Kamera
Resolusi Kamera Belakang 8MP
Resolusi Kamera Depan 5MP
Tipe Kamera Single Kamera
Resolusi Video Full HD
Memori
Penyimpanan 16GB
RAM 1.5GB
Memori yang Dapat Diperluas Ya
Desain
Berat 153g
Material Bodi Plastik
Dimensi (W x H x D) 143.8 x 72.3 x 8.4mm
Baterai
Kapasitas Baterai 2600mAh
Charging Normal Charging
Platform
Chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 (28 nm)
Prosesor Inti Quad Core
Sistem Operasi Android
Versi OS Android 7.1 (Nougat)
Jaringan
Dual SIM Ya
SIM Card Micro-SIM
Koneksi
USB Connectors Micro-USB
5G Tidak
NFC Tidak
Wi-Fi Standard 802.11 b/g/n
Fitur
Pemindai Sidik Jari Ya
Face Recognition Tidak
Harga
Harga Resmi 1.900.000

Kelebihan Samsung Galaxy J2 Pro

Setelah mengetahui spesifikasi, tentu saja ada kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J2 Pro yang menjadi pertimbangan saat akan membelinya. Berikut ulasan detail mengenai kelebihannya:

1. Menggunakan Chipset Snapdragon 425

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J2 Pro

Sangat jarang sekali smartphone kelas menengah dan ke bawah bersedia mengusung chipset Snapdragon. Chipset Snapdragon merupakan chipset yang unggul dan banyak dipakai oleh banyak smartphone kelas atas.

Menariknya seri Galaxy J2 Pro ini mengusung chipset Snapdragon 425, yang membuat performa Hp ini berjalan lancar. Minim adanya gangguan yang membuat terjadinya error pada smartphone saat menjalankan aplikasi.

2. Terdapat LED Flash Camera

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J2 Pro

Kamera pada Galaxy J2 Pro ini terdapat fitur LED Flash Camera pada bagian belakang dan depan kamera. Hasil dari gambar yang ditangkap akan terlihat lebih cerah. Adanya fitur ini membuat peminat Samsung semakin menyukai seri Galaxy J2 Pro.

Hal ini tak lain karena selalu berkembangnya media sosial yang semakin meningkat. Pengguna selalu ingin menampilkan foto-foto terbaik mereka. Maka tak ada ruginya memiliki smartphone ini.

3. Memiliki Kamera Utama 8MP

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J2 Pro

Selain resolusi kamera yang cukup untuk menghasilkan kamera yang bagus yaitu 8MP, kamera ini juga terdapat fitur autofocus untuk menghasilkan gambar yang terbaik. Sementara untuk kamera depan resolusinya adalah 5MP.

Hal ini bisa dimanfaatkan para pengguna untuk mengambil gambar-gambar menarik. Seperti pemandangan kota, gunung, dan sebagainya.

4. Dapat Menambah MicroSD Hingga 256GB

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J2 Pro

Kebutuhan akan memori yang besar semakin meningkat. Tidak hanya untuk menyimpan file seperti dokumen dan foto, namun juga video. Tak heran bahwa Hpini yang dapat ditambah MicroSD hingga 256GB menjadi kelebihan Samsung seri Galaxy J2 Pro.

Bahkan kenyataannya banyak pengguna ponsel pintar yang merasa tidak puas jika hanya mengandalkan memori internal yang diusung oleh smartphone. Oleh karenanya perlu dipasangkan memori tambahan.

5.     Layar Super AMOLED

Kelebihan Samsung Galaxy J2 Pro

Yang tidak boleh dilewatkan dari Hpini adalah layarnya menggunakan Super AMOLED. Super AMOLED termasuk kelas atas dalam bidang layar gadget.

Seri Galaxy J2 Pro ini memang patut diapresiasi, karena sebagai smartphone kelas menengah dan bawah, namun tetap mampu memanjakan para peminatnya dengan mengusung layar Super AMOLED ini.

6. Menggunakan Android 7.1 Nougat

Kelebihan Samsung Galaxy J2 Pro

Android 7.1 Nougat patut diacungi jempol. Karena versi Android ini memiliki keunggulan seperti mampu melakukan multitasking untuk menjalankan banyak aplikasi. Tempat notifikasi juga terlihat ringkas dan sederhana.

Dalam hal estetika, pengguna Galaxy J2 Pro inidiberi kesempatan untuk mengubah tema pada keyboard agar lebih indah. Pada keyboard yang digunakan bisa dirubah warnanya dan dapat menggunakan gambar sebagai background di keyboard.

7. Bisa Menggunakan USB OTG

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J2 Pro

Ingin melakukan transfer data dari PC ke ponsel atau sebaliknya? Pengguna cukup menggunakan USB OTG yang bisa dipasang ke PC dan smartphone. Yang jadi nilai plus adalah Samsung seri Galaxy J2 Pro sudah memberikan fitur ini.

Cocok bagi mahasiswa atau karyawan yang selalu transfer dokumen. Adanya fitur ini tentu memudahkan dalam segala pekerjaan sehari-hari. Jadi sangat beruntung sekali yang memiliki smartphone ini.

8. Menggunakan UI yang Cantik

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J2 Pro

Salah satu penentu tampilan di smartphone lebih menarik adalah karena UI yang digunakan. Untungnya smartphone ini menggunakan user interface yang cantik sehingga tampilan terlihat oke. Tampilan estetika pada tampilan layar membuat pengguna betah menggunakan ponsel ini.

Adanya UI yang nyaman ini juga membuat pengguna dapat menggunakan ponsel ini dengan mudah.

10. OS Android Dapat Diupgrade

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J2 Pro

Seperti yang diketahui bahwa OS Android Nougat dari smartphone ini dapat diupgrade untuk level yang lebih atas, yaitu OS Android 8.0 Oreo. Yang mana fitur-fitur yang lebih baru dapat digunakan.

Hal ini menjadi kabar gembira bagi pengguna Samsung, pasalnya belum tentu semua smartphone bisa dilakukan upgrade OS.

11. Baterai Bisa Dilepaskan

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J2 Pro

Baterai yang digunakan pada Galaxy J2 Pro ini tidak menggunakan baterai tanam atau bisa dilepas sesuka hati. Pengguna yang ingin melihat bagian di dalam Hpini, cukup membuka body belakang smartphone.

Kekurangan Samsung Galaxy J2 Pro

Selain kelebihan yang dimiliki, Samsung seri Galaxy J2 Pro juga memiliki kekurangan sebagai berikut ini.

1. Tidak Ada Fitur NFC

Kelebihan Samsung Galaxy J2 Pro

Review kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J2 Pro selanjutnya adalah tidak memiliki fitur NFC, padahal fitur ini juga banyak yang dicari oleh para pecinta smartphone. Hal ini karena dapat memudahkan dalam melakukan pembayaran dan lebih efektif.

Hanya cukup membawa J2 Pro dan mempunyai saldo yang cukup, pengguna bisa cukup aman dalam bepergian. Terlebih lagi sekarang dapat menarik uang di ATM dengan menggunakan mobile banking, jika membutuhkan uang kertas cukup menggunakan mobile banking tersebut.

2. Baterai Hanya Berkapasitas 2600 mAh

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J2 Pro

Baterai yang dimiliki seri Galaxy J2 Pro hanya berkapasitas 2600 mAh. Ini berarti pengguna harus mampu mengatur kegunaan ponsel pintarnya agar bisa lebih hemat. Selain itu pengguna juga harus menghilangkan aplikasi-aplikasi yang membuat baterai lebih boros seperti aplikasi game.

3. Kapasitas RAM Sedikit

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J2 Pro

Yang sangat disayangkan smartphone ini adalah kapasitas RAM yang sangat kecil, yaitu hanya 1,5GB. Padahal rata-rata smartphone sekelasnya memiliki setidaknya 2GB atau 3GB. Hal ini membuat pengguna smartphone ini tidak bisa menggunakan banyak aplikasi.

Maka yang harus dilakukan oleh pengguna adalah cukup menggunakan aplikasi yang betul-betul penting. Memori yang terlalu penuh juga akan mengganggu kelancaran dalam menjalankan sebuah aplikasi.

4. Layar Hanya Berukuran 5 Inci

Kekurangan Samsung Galaxy J2 Pro

Layar dari Hpini juga tergolong kecil, hanya berukuran 5 inci. Tentunya jika ingin menonton Youtube atau streaming film tidak terlalu memuaskan. Namun jika hanya untuk kebutuhan komunikasi seperti WhatsApp, ukuran layar ini sudah cukup.

5. Tidak Ada Fitur Biometrik

Kekurangan Samsung Galaxy J2 Pro

Fitur biometrik sudah sepantasnya selalu disematkan pada setiap smartphone. Bahkan banyak yang menambahkan face unlock. Fitur ini adalah untuk menjamin keamanan dari setiap smartphone. Tidak adanya fitur biometrik ini menjadi kekurangan Samsung tipe Galaxy J2 Pro.

Pengguna mau tidak mau harus menggunakan password dan pola yang sudah ada dalam pengaturan smartphone.

6. Tidak Tahan Air

Kekurangan Samsung Galaxy J2 Pro

Yang tidak dimiliki oleh seri Galaxy J2 Pro selanjutnya adalah tidak tahan air, ini berarti pengguna harus waspada dalam penggunaan smartphone ini, jangan sampai smartphone ini kecipratan air atau tenggelam dalam air, karena akan resiko kerusakan.

Pembahasan mengenai review kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J2 Pro ini semoga dapat membantu pecinta smartphone untuk mencari smartphone yang diinginkan. Karena fitur-fiturnya yang menarik untuk kelas menengah ke bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like