Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro

Total
0
Shares

Salah satu produk Samsung yang fenomenal pada masanya adalah Samsung Galaxy J3 Pro. Desain body smartphone ini cukup menarik. Fitur-fiturnya sangat menarik. Selain itu, terdapat kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro yang bisa dikatakan masih bisa bersaing saat ini.

Terlebih saat ini harga smartphone ini Pro sudah turun jauh, mengingat seri J3 Pro ini merupakan keluaran lama. Jika masih bingung dan plin-plan saat ingin membelinya, yuk simak tentang kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro di bawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy J3 Pro

Tampilan
Ukuran Layar 5″
Kedalaman Piksel 294ppi
Resolusi Layar 720 x 1280pixels
Anti Air Ya
Scratch Resistant Tidak
Teknologi Layar Super AMOLED
Kamera
Resolusi Kamera Belakang 8MP
Resolusi Kamera Depan 5MP
Tipe Kamera Single Kamera
Resolusi Video Full HD
Memori
Penyimpanan 16GB
RAM 2GB
Memori yang Dapat Diperluas Ya
Desain
Berat 139g
Material Bodi Plastik
Dimensi (W x H x D) 142.2 x 71.3 x 8mm
Baterai
Kapasitas Baterai 2600mAh
Charging Normal Charging
Platform
Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 (28 nm)
Prosesor Inti Quad Core
Sistem Operasi Android
Versi OS 5.1
Jaringan
Dual SIM Ya
SIM Card Micro-SIM
Koneksi
USB Connectors Micro-USB
5G Tidak
NFC Ya
Wi-Fi Standard 802.11 b/g/n
Fitur
Pemindai Sidik Jari Tidak
Face Recognition Tidak
Harga
Harga Resmi Dihentikan

Kelebihan Samsung Galaxy J3 Pro

Review mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro ini akan dimulai dengan penjelasan detail mengenai keunggulannya:

1. Menggunakan Gorilla Glass 4

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro

Ketahanan dari layar ini tidak perlu diragukan. Sebab, keamanan fisik smartphone ini lebih terjamin. Gorilla Glass 4 dapat menahan smartphone dari benturan dan berbagai benda-benda tajam. Benda tajam yang dimaksud seperti beton atau aspal.

2. Body Smartphone Berbahan Metal

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro

Body dari smartphone ini berbahan metal. Bahan ini tentu lebih unggul dari bahan plastik, karena ketahanan yang lebih terjamin. Untungnya Hpini menggunakan bahan metal yang bisa menjadi daya tarik. Selain itu bisa melindungi dari berbagai benda-benda tajam.

3. Chipset Exynos 7570 Quad

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro

Smartphone seri ini memiliki performa yang mengagumkan, karena menggunakan chipset Exynos 7570. Adanya chipset ini membuat smartphone keluaran Samsung ini dapat menjalankan aplikasi-aplikasinya secara lancar.

Pengguna yang mau bermain Instagaram atau streaming Youtube tak perlu khawatir akan kejelekan performanya. Bahkan dalam melakukan multitasking, ponsel ini cukup kuat.

4. Baterai Removable

Kelebihan Samsung Galaxy J3 Pro

Keunggulan dari smartphone ini adalah baterainya dapat dilepas dengan mudah. Dengan begitu, untuk memperbarui baterai ini cukup membeli baterai yang baru. Pengguna juga dapat mengotak-atik dalam ponsel ini.

Berbeda dengan baterai tanam yang tidak bisa diganti, kecuali ke pihak reparasi jika terjadi kerusakan baterai di dalamnya. Karena untuk membuka body nya juga mustahil.

5. OS Masih Bisa Diupgrade

Kelebihan Samsung Galaxy J3 Pro

Karena smartphone ini sudah keluaran lama, OS yang digunakan juga merupakan versi lama, yaitu OS Android Nougat. Dampak dari penggunaan OS Android Lollipop adalah tidak ada fitur-fitur yang lengkap seperti OS Android yang terbaru.

Namun, tenang saja karena OS Android masih bisa dilakukan upgrade menjadi OS Android 8.0 Oreo, sehingga fitur-fiturnya yang menarik bisa bertambah yang awalnya tidak dimiliki OS Android Nougat.

6. Mendukung Fitur USB OTG

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro

Sering menggunakan USB OTG untuk mentransfer data? Seri J3 Pro ini mendukung fitur USB OTG yang tipe micro USB. Karena USB OTG ada yang tipe micro USB dan type-C. Dengan begitu, untuk memindah file-file bisa menjadi lebih mudah.

USB OTG ini bisa digunakan selain transfer data, tetapi juga menghubungkan perangkat Bluetooth lainnya seperti mouse dan keyboard. Mouse dan keyboard ini bisa membantu mengerjakan dokumen-dokumen lewat smartphone.

7. Tersedia Varian 4 Warna

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro

Warna yang tersedia dari review Samsung Galaxy J3 Pro terdapat empat warna. Warna yang disediakan adalah gold, pink, blue dan black. Para pecinta seri ini cukup memilih warna yang disukainya. Selain warna yang elegan, desain body ini juga menarik sehingga terlihat istimewa.

Tersedianya banyak warna membuat para pecinta Samsungbisa memilih warna yang disukainya. Sehingga menambah banyak pembeli juga.

8. Bisa Menambah MicroSD

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro

Kelebihan Samsung Galaxy J3 Pro adalah dapat menambah ruang memori MicroSD sampai dengan 256GB. Ruang memori yang bisa ditambahkan cukup banyak. Pengguna seri J3 Pro yang belum puas dengan memori yang diusung, maka cukup menambah MicroSD.

Dengan menambah memori, semakin banyak file-file yang bisa disimpan. Baik foto, video, dokumen, dan sebagainya.

9. Mempunyai Fitur NFC

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro

Sekalipun ponsel ini merupakan keluaran lama, seri J3 Pro ini sudah mempunyai fitur NFC. Smartphone sekelasnya belum tentu mempunyai fitur NFC ini. Jadi smartphone ini cukup istimewa.

Fungsi ini cukup memudahkan dalam melakukan pembayaran jalan tol. Fitur ini sangat efektif untuk berpergian jauh. Yang mempunyai hobi traveling tidak harus mengeluarkan kartu lagi untuk membayar jalan tol.

Kekurangan Samsung Galaxy J8 Pro

1. Tidak Tersedia Sistem Keamanan Fingerprint

Kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro

Review kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro adalah tidak memiliki sistem keamanan fingerprint. Padahal fingerprint akan membuat Hp lebih terjaga keamanannya daripada hanya sekedar memberi password pada smartphone.

Alhasil, pengguna harus bersyukur dengan sistem keamanan yang hanya menggunakan password atau pola sesuai yang telah disediakan. Namun tidak masalah karena password dan pola tetap cukup aman digunakan.

2. Memiliki RAM 2GB

Kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro

RAM yang dimiliki smartphone ini adalah 2GB. Kapasitas RAM ini tergolong kecil. Bahkan sudah tidak relevan tahun 2022 ini. Namun untuk yang kelas menengah ke bawah yang hanya untuk berkomunikasi, RAM 2GB masih bisa relevan.

Untuk menjaga ruang memori tetap terjaga, pengguna smartphone ini harus pintar dalam memilih aplikasi-aplikasi yang penting-penting saja agar memori tidak terlalu penuh.

3. Kamera Selfie 5MP

Kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro

Bagi yang suka melakukan selfie, kemungkinan smartphone ini tidak terlalu cocok. Karena resolusinya hanya 5MP. Sementara untuk menghasilkan gambar yang bagus membutuhkan resolusi yang cukup besar.

Untuk kamera utama mempunyai resolusi 13MP. Selain itu, terdapat fitur LED flash, yang bisa membantu dalam mengambil gambar saat gelap. Namun tetap saja hal itu belum cukup.

4. Ukuran Layar Kecil 5 Inci

Kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro

Yang menjadi kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro lainnya adalah ukuran layarnya yang kecil. Ukurannya hanya berukuran 5 inci. Untuk menonton film atau video akan merasa kurang enjoy. Pengguna smartphone ini harus puas dengan ukuran layar yang seadanya.

Namun, jika pengguna untuk anak-anak SMA sudah cukup digunakan, karena tidak perlu untuk tugas-tugas multitasking.

5. Belum Mempunyai Fitur Fast Charging

Kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro

Salah satu kekurangan seri Galaxy J3 Pro adalah tidak memiliki fitur fast charging. Tidak adanya fast charging menjadi kendala karena untuk mengisi daya baterai kurang cepat. Padahal fast charging merupakan fitur yang diidam-idamkan dari sebuah smartphone.

Bagi orang-orang yang melakukan aktivitas secara cepat, tidak adanya fitur fast charging tentunya tidak bisa diajak kompromi untuk bergerak lebih cepat.

6. Layar Tidak Super AMOLED

Kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro

Review kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro selanjutnya adalah layarnya menggunakan PLS TFT LCD. Layar smartphone ini tetap terasa nyaman digunakan. Namun, tetap saja layar Super AMOLED tetap lebih bagus.

Padahal smartphone yang selevel dengan seri ini, sudah memiliki layar Super AMOLED. Seri ini menjadi kurang menarik, karena tidak menggunakan Super AMOLED.

7. Baterai Berkapasitas 2600 mAh

Kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro

Daya baterai Hp ini tidak terlalu besar, hanya sekitar 2600 mAh. Para pengguna smartphone ini harus waspada dalam penggunaan baterainya. Terlebih lagi bagi yang mempunyai aktivitas banyak. Bisa-bisa cepat habis.

Baterai yang hanya berkapasitas 2400 mAh ini menjadi kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro. Sebab kebutuhan masyarakat ingin menggunakan smartphone cukup lama. Oleh karena itu membutuhkan daya baterai yang besar.

Pemaparan mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro di atas bisa disimpulkan, bahwa smartphone ini masih mempunyai fitur-fitur yan relevan sekarang ini.

Sekalipun terdapat beberapa kekurangan yang cukup mengganggu, ponsel pintar ini masih direkomendasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like