Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J4 2018

Total
0
Shares

Tahun 2018 menjadi periode yang menarik bagi Samsung, bagaimana tidak? Produk-produk pada tahun 2018 memiliki kualitas yang keren. Salah satunya adalah Samsung Galaxy J4 2018. Meski begitu, terdapat berbagai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J4 2018 yang wajib dipertimbangkan.

Smartphone ini masuk dalam kategori low budget atau kelas menengah ke bawah. Dengan begitu, tidak perlu merogoh banyak uang untuk mendapatkan seri J4 2018 ini. Penasaran seperti apa kelebihan dan kekurangan dari Hp besutan Samsungini? Yuk simak lebih lanjut.

Spesifikasi Samsung Galaxy J4 2018

Berikut ini tabel spesifikasi seri J4 2018 sebelum masuk ke pembahasan review kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J4 2018.

 

Tampilan
Ukuran Layar 5.5″
Kedalaman Piksel 267ppi
Resolusi Layar 1280 x 720pixels
Anti Air Tidak
Scratch Resistant Tidak
Teknologi Layar Super AMOLED
Kamera
Resolusi Kamera Belakang 13MP
Resolusi Kamera Depan 5MP
Tipe Kamera Single Kamera
Resolusi Video Full HD
Desain
Berat 175g
Material Bodi Plastik
Dimensi (W x H x D) 77.2 x 151.7 x 8.1mm
Baterai
Kapasitas Baterai 3000mAh
Charging Normal Charging
Platform
Chipset Exynos 7570 Quad (14 nm)
Prosesor Inti Quad Core
Sistem Operasi Android
Versi OS Android 8.0 (Oreo)
Jaringan
Dual SIM Ya
SIM Card Micro-SIM
Koneksi
USB Connectors Micro-USB
5G Tidak
NFC Tidak
Wi-Fi Standard 802.11 b/g/n
Fitur
Pemindai Sidik Jari Tidak
Face Recognition Tidak
Memori
Memori yang Dapat Diperluas Ya
Harga
Harga Resmi Dihentikan

Kelebihan Samsung Galaxy J4 2018

Dalam review Samsung Galaxy J4 2018 memiliki banyak kelebihan, berikut ini adalah kelebihan yang dimilikinya:

1. Memiliki Kapasitas Baterai 3000 mAh

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J4 2018

Kelebihan dari Seri Galaxy J4 2018 adalah mempunyai kapasitas baterai yang cukup besar yaitu 3000 mAh. Apabila dihitung secara waktu bisa mencapai 36 jam atau seharian penuh. Pengguna tidak perlu lagi bolak balik untuk mengecas smartphone ini.

Tidak heran smartphone low budget ini menjadi incaran banyak orang. Karena bagi pengguna ponsel ini yang terpenting adalah bisa berlama-lama menggunakannya untuk komunikasi, seperti chat atau telepon melalui WhatsApp.

2. Menggunakan Layar Super AMOLED

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J4 2018

Kelihatannya Samsung memang ingin melayani konsumen dengan sebaik-baiknya. Smartphone yang menggunakan layar super AMOLED ini dapat memberikan pengalaman kepada penggunanya agar betah melihat layar seri Galaxy J4 2018.

Dengan menggunakan layar Super AMOLED, kualitas warna dijamin lebih baik dan nyaman untuk dilihat. Selain itu, layar Hpini cukup smooth dan responsive tentunya.

3. Menggunakan OS Android 8.0 Oreo

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J4 2018

Smartphone ini sudah mengusung OS Android 8.0 Oreo. OS Android ini terbilang masih relevan untuk digunakan saat ini. Banyak aplikasi yang masih didukung oleh OS ini dan menerima berbagai update.

Menariknya OS Android 8.0 Oreo mempunyai fitur yang dinamakan Picture in Picture. Maksudnya adalah bisa menonton video yang bisa berbarengan dengan menjalankan aplikasi lainnya. Multitasking ini bisa menikmati nonton film sambal bekerja.

OS Android Oreo ini mungkin bisa jadi kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J4 2018 yang sifatnya relatif, mengingat banyak orang yang mengharapkan performa Android yang lebih gahar di tahun ini.

4. Desain Yang Menarik

Kelebihan Samsung Galaxy J4 2018

Bisa dibilang desain J4 ini cukup menarik. Pada bagian depan dilapisi dengan kaca sehingga tidak terlihat jelek. Kualitas body ini dibilang bagus, sehingga sekalipun ponsel ada di level low budget namun tetap terlihat menawan.

Padahal untuk mendapatkan desain body yang menarik biasanya hanya terdapat pada smartphone kelas atas.

5. Kualitas Suara Dijamin Bagus

Kelebihan Samsung Galaxy J4 2018

Kelebihan Samsung Galaxy J4 2018 adalah memiliki kualitas suara yang bagus, hal ini karena didukung oleh Dolby Atmos yang membuat suara menjadi jernih dan enak didengar. Biasanya dukungan Dolby Atmos ada pada smartphone level atas.

Adanya Dolby Atmos pada ponselini menjadi kabar gembira bagi pecinta smartphone. Untuk mendengarkan musik akan terasa lebih enjoy. Tidak ada gangguan suara seperti suara cempreng atau suara berisik lainnya.

6. Memiliki 3 Slot Kartu

Kelebihan Samsung Galaxy J4 2018

3 slot kartu ini bisa dimanfaatkan untuk menggunakan dua kartu SIM dan satu microSD. Pengguna dapat menggunakan kartu SIM yang berbeda untuk kepentingan bisnis. Kemudian untuk slot microSD sendiri berguna untuk menambah ruang memori.

Sebab jika hanya mengandalkan ruang memori internal, tidak bisa menyimpan file-file terlalu banyak. Pengguna harus rutin menghapus file-file yang sudah berlalu atau tidak penting agar ruang memori tetap terjaga.

7. Baterai Dapat Dilepas

Kelebihan Samsung Galaxy J4 2018

Biasanya demi body smartphone yang ramping, pihak produsen memberlakukan baterai tanam. Tak heran smartphone jaman sekarang ini menggunakan baterai tanam. Lalu bagaimana dengan Samsung seri Galaxy J4 2018 ini?

Tenang saja, Galaxy J4 2018 tidak menggunakan baterai tanam atau bisa dikatakan baterai bisa dilepas sesuka hati. Dengan begitu, untuk mengganti baterainya akan lebih mudah.

Kekurangan Samsung Galaxy J4 2018

Di samping kelebihan, setiap smartphone memiliki kekurangan. Seri Galaxy J4 2018 memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut ini.

1. Prosesor Minimalis

Kekurangan Samsung Galaxy J4 2018

Kekurangan yang pertama adalah prosesor yang minimalis. Artinya bahwa untuk menjalankan aplikasi hanya tertuju pada aplikasi yang ringan-ringan saja. Seperti aplikasi chat maupun media sosial.

Sementara untuk memainkan aplikasi berat seperti aplikasi game, sulit untuk menjalankan secara optimal. Dibutuhkan prosesor yang lebih baik. Pada smartphone ini, prosesor yang digunakan adalah Exynos 7570.

2. Tidak Memiliki Sensor Sidik Jari

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J4 2018

Sensor sidik jari sudah sewajarnya hadir dalam setiap smartphone. Sayangnya, smartphone ini tidak memiliki fitur sensor sidik jari tersebut. Padahal smartphone yang berada di bawahnya sudah dibekali dengan sensor sidik jari.

Tidak adanya sensor sidik jari pada ponselini jelas menjadi nilai minus. Orang-orang merasa tidak cukup efektif jika membuka layar harus memasukkan password atau pola untuk keamanan.

3. Sensor Minim

Kekurangan Samsung Galaxy J4 2018

Kekurangan Galaxy J4 2018 lainnya adalah minimnya sensor. Sensornya tidak terlalu lengkap. Sensor gyro, Kompas, dan LED notifikasi tidak hadir dalam Hpini.

Padahal kelengkapan sensor menjadi daya tarik utama bagi para konsumen. Selain itu pengguna juga membutuhkan sensor-sensor tersebut untuk membantu aktivitas sehari-hari.

4. Rasio Layar yang Sudah Usang

Kekurangan Samsung Galaxy J4 2018

Rasio layar dari smartphone ini terbilang usang karena menggunakan rasio 16:9. Pada umumnya sekarang ini rasio layarnya adalah 18:9. Yang mana ukuran layarnya jauh lebih panjang. Untuk bermain game dan menonton film terasa tidak asyik.

Tidak hanya itu, layar yang besar juga membuat pengguna nyaman dalam menggunakan media sosial atau aplikasi lainnya.

5. Kameranya Biasa-Biasa Saja

Kekurangan Samsung Galaxy J4 2018

Kamera yang diusung oleh seri ini ini tergolong biasa-biasa saja. Resolusinya kamera utama adalah 13MP. Namun, sayangnya untuk mengambil gambar yang pencahayaannya kurang, hasilnya tidak akan bagus.

Untuk mengambil gambar yang bagus dengan menggunakan ponsel pintarini, harus memiliki cahaya yang cukup terang atau saat di siang hari.

6. Kapasitas Memori RAM Minim

Kekurangan Samsung Galaxy J4 2018

Kapasitas RAM yang dimiliki oleh ponsel ini hanya 2GB. Tentu saja memori RAM ini terasa sangat sedikit sekali.

Pengguna J4 2018 ini harus puas dengan hanya bisa menjalankan aplikasi yang tidak terlalu banyak. Oleh karenanya pengguna harus menghapus aplikasi-aplikasi yang sekiranya tidak terlalu penting.

7. Tidak Mendukung USB OTG

Kekurangan Samsung Galaxy J4 2018

Yang menjadikan Samsung tipe Galaxy J4 semakin memiliki nilai negatif adalah tidak mendukung USB OTG. USB OTG ini sangat membantu dalam mempermudah berbagai pekerjaan. Seperti melakukan transfer data dari berbagai perangkat.

Hal ini membuat aktivitas sehari-hari menjadi tidak efektif dan kurang cepat. Padahal dalam dunia kerja kecepatan dalam menyelesaikan pekerjaan adalah yang utama. Dengan begitu, Hpini memang hanya cocok untuk komunikasi sehari-hari.

8. Belum Mendapat Dukungan Jaringan 5G

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J4 2018

Sekalipun dapat memasang dua kartu SIM, namun belum mendapat dukungan jaringan 5G. Jaringan ini sedang dikembangkan di Indonesia. Bahkan beberapa wilayah sudah menggunakan jaringan 5G. untuk itu smartphone ini tidak bisa untuk jangka panjang.

Karena pada akhirnya semua harus berpindah ke jaringan 5G. Sekaligus apabila terdapat dukungan 5G ini, penggunaan dari ponsel keluaran Samsungbisa lebih lama daripada biasanya.

Setelah mengetahui pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J4 2018, Anda mungkin bisa menilai sendiri, apakah HP ini masih layak digunakan saat ini? Dengan low budget fitur-fiturnya sudah cukup untuk mendukung penggunaan yang tidak terlalu berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like