Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J5 Pro

Total
0
Shares
Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J5 Pro

Dalam review Samsung Galaxy J5 Pro ini, akan dibahas mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J5 Pro lengkap. Hp ini merupakan produk dari Samsung yang cukup populer, banyak yang mengincar J5 Proini karena mempunyai fitur-fitur menarik.

Terlepas dari itu, tentu saja terdapat kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J5 Pro yang wajib diketahui agar bisa dijadikan referensi saat akan membelinya.

Smartphone ini telah diluncurkan pada tahun 2017. Walaupun sekarang sudah menjadi HP yang bisa dikatakan cukup ‘usang’, masih banyak orang-orang yang mencarinya dan sudah menunggu harganya turun.

Spesifikasi Samsung Galaxy J5 Pro

Spesifikasi secara umum dibawah ini bisa menjadi gambaran, sebelum masuk ke pembahasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J5 Pro:

TAMPILAN
Ukuran Layar 5.2″
Kedalaman Piksel 282ppi
Resolusi Layar 720 x 1280pixels
Anti Air Ya
Scratch Resistant Ya
Teknologi Layar Super AMOLED
KAMERA
Resolusi Kamera Belakang 13MP
Resolusi Kamera Depan 13MP
Tipe Kamera Single Kamera
Resolusi Video Full HD
MEMORI
Penyimpanan 32GB
RAM 3GB
Memori yang Dapat Diperluas Ya
DESAIN
Berat 160g
Material Bodi Logam
Dimensi (W x H x D) 71.3 x 146.3 x 7.9mm
BATERAI
Kapasitas Baterai 3000mAh
Charging Normal Charging
PLATFORM
Chipset Exynos 7870 Octa (14 nm)
Prosesor Inti Octa Core
Sistem Operasi Android
Versi OS Android 9.0 (Pie)
JARINGAN
Dual SIM Ya
SIM Card Nano-SIM
KONEKSI
USB Connectors Micro-USB
5G Tidak
NFC Ya
Wi-Fi Standard 802.11 a/b/g/n/ac
FITUR
Pemindai Sidik Jari Ya
Face Recognition Tidak
HARGA
Harga Resmi Dihentikan

Kelebihan Samsung Galaxy J5 Pro

Berikut ini adalah kelebihan yang dimiliki Samsung Galaxy J5 Pro:

1. Memiliki Daya Baterai 3000 mAh

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J5 Pro

Baterai yang dimiliki oleh smartphone ini memiliki daya 3000 mAh. Daya baterai ini cukup bisa digunakan cukup lama, bisa seharian. Para pengguna tidak perlu khawatir akan baterai yang cepat boros. Baterai ini cukup bisa diandalkan.

Untuk smartphone-smartphone sekelasnya memang sudah banyak menggunakan daya baterai 3000 mAh. Untuk itu, Samsung tidak mau ketinggalan terhadap fitur baterai ini.

2. Menggunakan Baterai Tanam

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J5 Pro

Smartphone ini masih menggunakan baterai tanam alias tidak bisa dilepas, sehingga apabila terjadi kerusakan pada smartphone harus diperbaiki ke reparasi. Hal ini patut diapresiasi karena banyak smartphone-smartphone yang sudah menggunakan baterai tanam.

Keuntungan menggunakan baterai tanam adalah smartphone tidak gampang untuk dirusak. Berbeda jika tidak menggunakan baterai tanam, smartphone bisa dirusak karena cukup mencuri baterai tersebut dan membuangnya.

3. Dapat Menambah MicroSD

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J5 Pro

Salah satu kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J5 Pro adalah dapat menambah MicroSD hingga mencapai 256GB. Hal ini menjadi kabar gembira bagi para pecinta smartphone. Sebab, banyak pengguna yang ingin menambah memori secara pribadi.

Sebab, selama ini banyak yang kurang puas dengan memori yang disediakan oleh smartphone. Banyak juga yang ingin menyimpan banyak file tanpa harus khawatir terhadap ruang penyimpanan. Oleh karena itu, menambah memori microSD menjadi sebuah solusi.

4. Sistem Keamanan Memakai Fingerprint

Kelebihan Samsung Galaxy J5 Pro

Dalam hal keamanan, smartphone ini menggunakan fingerprint yang bisa digunakan pada tombol home. Memanfaatkan tombol home ini menjadi pembeda, karena biasanya fingerprint berada di belakang body smartphone yang bisa membuka layar smartphone dengan cepat.

Namun, fingerprint yang menyatu dengan tombol home akan lebih cepat lagi dalam membuka layar smartphone.

5. Layar yang Digunakan Adalah Super AMOLED

Kelebihan Samsung Galaxy J5 Pro

Super AMOLED adalah jenis layar yang digunakan pada smartphone ini. Tampilannya akan terasa lebih jelas dan jernih. Dengan begitu, ketika menggunakan smartphone ini akan terasa nyaman di mata. Bagi pengguna J5 Pro, ini tentu akan memberikan kenyamanan tersendiri.

Terlebih lagi jika untuk melihat file-file presentasi dari pekerjaan, diagram-diagram berwarna, sehingga akan nyaman dalam fokus ke pekerjaan karena layar yang jelas dan jernih. Hal ini berbeda jika layarnya kurang jernih maka proses pekerjaan akan terganggu.

6. Dapat Menampilkan Video Full HD

Kelebihan Samsung Galaxy J5 Pro

Smartphone ini dapat menampilkan video full HD, resolusi yang dapat ditampilkan adalah 1920 x 1080 piksel. Hal ini sangat menyenangkan, mengingat bisa dilakukan streaming film dengan nyaman atau menonton Youtube secara jelas.

Menampilkan video full HD belum tentu dimiliki oleh smartphone-smartphone lain. Bagi yang sedang mencari HP untuk melakukan streaming dengan bagus, Seri Galaxy J5 Pro adalah solusinya.

7. Performa Kencang dan Responsif

Kelebihan Samsung Galaxy J5 Pro

Performa dari smartphone ini sudah cukup kencang dan responsif. Hal ini karena smartphone ini didukung oleh prosesor Exynos 7870.

Prosesor Exynos 7870 bisa menjalankan berbagai aplikasi tanpa harus khawatir lambatnya performa. Karena sudah terjamin oleh prosesor tersebut.

8. Memiliki Resolusi Kamera 13MP

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J5 Pro

Salah satu kelebihan Samsung Galaxy J5 Pro lainnya adalah memiliki resolusi 13MP. Resolusi yang sama di kamera depan dan kamera belakang. Bagi yang ingin mencari smartphone untuk menghasilkan gambar yang bagus, smartphone ini cocok.

Terlebih lagi kamera depan memiliki resolusi yang sama dengan kamera belakang, sehingga sangat cocok untuk selfie untuk pribadi atau berdua.

9. Kapasitas Memori RAM 3GB

Kelebihan Samsung Galaxy J5 Pro

Kapasitas memori RAM J5 Pro ini adalah 3GB. Kapasitas RAM ini cukup besar. Hal ini bisa menyimpan banyak aplikasi tanpa harus kekurangan ruang memori. Untuk memori internalnya adalah 32GB.

Memori internal ini sudah cukup besar di antara smartphone yang berada di kelasnya. Tak heran seri J5 Pro ini menjadi incaran.

Ditambah lagi, kapasitas memori bisa ditambah dengan memori eksternal sampai dengan 256 GB. Cukup besar untuk menambah memori di dalam HP. Dengan memanfaatkan tambahan ini, file-file yang dapat disimpan lebih banyak.

10. Terdapat 4 Macam Varian Warna

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J5 Pro

Smartphone ini tersedia dalam empat macam warna. Biasanya smartphone tersedia dalam 3 warna. Dengan begitu, hal ini bisa menjadi pilihan sesuai dengan selera pembeli. Empat warna ini masing-masing tetap menjadikan smartphone tampil lebih cantik.

11. Body Menggunakan Bahan Metal

Seri Galaxy J5 Pro menggunakan body berbahan metal. Hal ini menjadi keunggulan dari smartphone ini. Sebab jika menggunakan bahan plastik, gadget tidak akan kelihatan keren dan lebih rentan pada kerusakan.

Bahan metal sebenarnya sudah menjadi keharusan dalam sebuah gadget. Sebab banyak yang sudah menggunakan bahan metal dan sudah menjadi kemajuan jaman. Justru sekarang aneh jika masih menggunakan bahan plastik.

12. Menggunakan Gorilla Glass

Kelebihan Samsung Galaxy J5 Pro

Salah satu kelebihan dari kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J5 Pro adalah menggunakan Gorilla Glass. Jenis Gorilla Glass yang digunakan Gorilla Glass 4. Adanya fasilitas ini membuat smartphone ini lebih terlindungi.

Berbeda apabila sebuah smartphone tidak menggunakan gorilla glass, maka smartphone  akan lebih rentan terhadap kerusakan apabila jatuh atau terkena benda-benda tajam, sehingga sangat berisiko. Hal ini menjadi salah satu keuntungan dari Samsung Galaxy J5 Pro.

Kekurangan Samsung Galaxy J5 Pro

Disamping mempunyai kelebihan, seri J5 Pro memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut.

1. Masih Menggunakan OS Android Nougat

Kekurangan Samsung Galaxy J5 Pro

OS Android yang digunakan oleh smartphone ini masih menggunakan OS Android Nougat, yang mana OS Android sudah cukup kuno, mengingat smartphone ini rilis pada tahun 2017. Hal ini menjadi kekurangan Samsung Galaxy J5 Pro.

2. Tidak Didukung Port USB Type-C

Kekurangan Samsung Galaxy J5 Pro

Smartphone ini tidak didukung oleh port USB type-C, oleh karena itu tidak bisa dilakukan untuk transfer data secara cepat. Smartphone ini masih menggunakan micro USB. Penggunaan microUSB tentu menjadi ketinggalan jaman daripada smartphone-smartphone lainnya.

Tapi sebenarnya, penggunakan micro USB ini bisa jadi kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J7 Pro tersendiri. Mengingat malah banyak orang yang masih menyukai micro USB dibandingkan Type C.

3. Tidak Ada Dukungan Fast Charging

Kekurangan Samsung Galaxy J5 Pro

Hal yang sangat disayangkan dari smartphone ini adalah tidak ada dukungan fast charging. Padahal dengan menggunakan fast charging bisa mengisi baterai sampai 100% hanya memakan waktu 30 menit sampai dengan satu jam.

Bagi pengguna yang suka bermain media sosial atau bermain game yang membuat baterai terkuras habis, fast charging bisa membantu memainkan smartphone lagi. Tidak adanya fitur tersebut merupakan salah satu kekurangan smartphone ini.

Banyak orang yang mencari smartphone tipe lama namun masih mempunyai fitur-fitur yang lumayan dengan harga yang cukup murah, Seri Galaxy J5 Pro menjadi sebuah solusi. Namun tetap saja terdapat kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J5 Pro yang bisa dijadikan pertimbangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like