Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J7 Duo

Total
0
Shares
Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J7 Duo

Salah satu seri HP dari Samsung yang masih memikat para pemburu gadget yaitu Samsung Galaxy J7 Duo. Pasalnya seri ini mempunyai banyak fitur menarik. Sekalipun begitu,tetap saja ada kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J7 Duo yang harus jadi bahan pertimbangan.

Seri Galaxy J7 Duo ini sudah launching pada tahun 2018. Walaupun smartphone ini merupakan keluaran lama dari perusahaan Samsung, tetap saja masih banyak peminatnya dan masih banyak yang mencarinya, sebab performanya cukup masih bisa digunakan saat ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy J7 Duo

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J7 Duo, ketahui dulu tabel spesifikasinya di bawah ini:

TAMPILAN
Ukuran Layar 5.5″
Kedalaman Piksel 267ppi
Resolusi Layar 720 x 1280pixels
Anti Air Ya
Scratch Resistant Ya
KAMERA
Resolusi Kamera Belakang 13 + 5MP
Resolusi Kamera Depan 8MP
Tipe Kamera Dual Kamera
Resolusi Video Full HD
MEMORI
Penyimpanan 32GB
RAM 4GB
Memori yang Dapat Diperluas Ya
DESAIN
Berat 174g
Material Bodi Logam
Dimensi (W x H x D) 153.5 x 77.2 x 8.2mm
BATERAI
Kapasitas Baterai 3000mAh
PLATFORM
Chipset Exynos 7885 (14 nm)
Prosesor Inti Octa Core
Sistem Operasi Android
JARINGAN
Dual SIM Ya
SIM Card Micro-SIM
KONEKSI
USB Connectors Micro-USB
NFC Tidak
Wi-Fi Standard 802.11 a/b/g/n/ac
FITUR
Pemindai Sidik Jari Ya
Face Recognition Tidak

Kelebihan Samsung Galaxy J7 Duo

Setiap ponsel pasti punya plus minusnya masing-masing, tak terkecuali dengan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J7 Duo.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki smartphone nya:

1. Memiliki Daya Tahan Baterai Lama

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J7 Duo

Kelebihan yang dimiliki oleh seri Galaxy J7 Duo yang pertama adalah memiliki daya tahan baterai yang bagus. Untuk menggunakan smartphone ini, bisa digunakan seharian. Hal ini karena baterai yang dimiliki mempunyai kapasitas 3000 mAh.

Dengan begitu, ponsel ini sangat cocok digunakan oleh para mahasiswa atau karyawan yang membutuhkan penggunaan baterai secara harian. Secara perhitungan bisa menggunakan smartphone dengan durasi 9-12 jam.

2. Menggunakan Baterai yang Bisa Dilepas

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J7 Duo

Seri Galaxy J7 Duo masih menggunakan baterai yang bisa dilepas alias tidak menggunakan baterai tanam. Keuntungannya adalah ketika ingin mengganti baterai yang rusak bisa dilakukan secara mandiri.

Berbeda dengan smartphone yang menggunakan baterai tanam yang harus ke tukang reparasi untuk bisa memperbaikinya. Hal ini bisa menjadi kelebihan Samsung Galaxy J7 Duo.

3. Bisa Menggunakan Memori Eksternal

Smartphone ini memiliki fitur untuk bisa menambah memori eksternal. MicroSD yang bisa ditambahkan pada seri Samsung ini sampai dengan berkapasitas 256GB. Hal ini tentunya menjadi kabar gembira kepada para pecinta HP dengan memori yang lega.

Karena biasanya para pengguna masih kurang puas dengan kapasitas memori yang dimiliki oleh smartphone. Pengguna masih tetap ingin menambah memori sesuai keinginan. Oleh karena itu, bisa menambah memori eksternal merupakan kelebihan dari seri ini.

4. Sistem Keamanan Fingerprint dan Pengenalan Wajah

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J7 Duo

Dalam hal keamanan, Samsung cukup maju dalam garda terdepan. Pasalnya smartphone ini memiliki sistem keamanan dengan menggunakan fingerprint dan pengenalan wajah. Dengan menggunakan sistem keamanan ini, pengguna akan merasa lebih aman.

Terlebih lagi sudah banyak brand lain lain yang sudah menggunakan sistem keamanan fingerprint dan pengenalan wajah, sehingga dalam hal ini Samsung tidak mau ketinggalan dan keamanan lebih terjamin.

5. Menggunakan Layar Super AMOLED

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J7 Duo

Kelebihan seri Galaxy J7 Duo lainnya adalah menggunakan layar Super AMOLED. Para pecinta smartphone tahu bahwa super AMOLED adalah layar yang terbaik digunakan pada smartphone. Hasil layar ditampilkan otomatis lebih jernih.

Pengguna smartphone ini sangat diuntungkan dengan menggunakan layar Super AMOLED, karena untuk menonton streaming video akan terasa lebih nyaman. Terlebih lagi sekarang generasi milenial dan Z senang mencari hiburan pada streaming video.

6. Performa Teknologi yang Tergolong Bagus

Kelebihan Samsung Galaxy J7 Duo

Salah satu kelebihan Samsung Galaxy J7 Duo adalah kelebihannya di dalam performanya. Hal ini karena chipset yang digunakan adalah Exynos 7885 Octa. Chipset ini sudah sering digunakan pada smartphone tingkat yang lebih tinggi.

Dengan menggunakan Exynos 7885 Octa, smartphone ini bisa digunakan untuk bermain game. Seperti game PUBG yang membutuhkan grafis yang bagus, sehingga tidak perlu khawatir jika smartphone ini tidak kuat dalam memainkan game.

7. User Interface yang Memanjakan Mata

Kelebihan Samsung Galaxy J7 Duo

Pada seri ini sudah menggunakan User Interface yang menarik agar tampilan layar bisa terlihat lebih menarik. UI yang digunakan untuk membuat tampilan layar lebih menarik adalah TouchWiz. Menariknya, pengguna bisa mengusap layar ke atas untuk menuju tampilan aplikasi.

Hal ini tentu akan menghemat waktu, karena tidak perlu menekan tombol home untuk masuk ke tampilan aplikasi. UI TouchWiz sendiri juga tidak hanya menampilkan layar lebih menarik tetapi juga mempunyai fitur unik lainnya, seperti lebih hemat dalam menggunakan kuota.

8. Memiliki Dua Kamera Utama

Kelebihan Samsung Galaxy J7 Duo

Satu diantara kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J7 Duo adalah memiliki dua kamera utama. Dengan resolusi 13MP dan 5MP, dengan mempunyai fungsi yang berbeda. Hal ini agar bisa digunakan untuk foto bokeh.

Kemudian untuk kamera selfie sendiri memiliki resolusi 8MP. Hasil tangkapan dari kamera yang diusung oleh Samsung ini sangat memuaskan, sehingga bagi pengguna yang suka selfie, smartphone ini sangat cocok.

9. Kapasitas Memori Internal Cukup Besar

Kelebihan Samsung Galaxy J7 Duo

Memori internal yang dimiliki oleh smartphone ini cukup besar yaitu berkapasitas RAM 32 GB. Dengan begitu, untuk menyimpan file-file bisa disimpan pada memori internal ini. Kemudian, untuk RAM smartphone ini berkapasitas 3GB.

Pengguna bisa mengunduh banyak aplikasi karena memori RAM yang cukup memadai. Berbeda jika hanya mempunyai RAM yang sedikit, hanya bisa untuk sedikit aplikasi.

10. Terdapat 3 Macam Varian Warna

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J7 Duo

Untuk varian warna dari seri Galaxy J7 Duo tersedia tiga macam warna yaitu Blue, Gold, dan Black. Tersedianya varian warna bisa membuat para pengguna bisa memilih warna sesuai dengan keinginan.

Kekurangan Samsung Galaxy J7 Duo

Masih di review kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J7 Duo, jika tadi membahas detail mengenai kelebihan, berikut ini kekurangannya:

1. Body Smartphone Berbahan Plastik

Kekurangan Samsung Galaxy J7 Duo

Body dari seri Galaxy J7 Duo merupakan berbahan plastik. Dengan menggunakan body plastik, tampilan kurang keren. Selain itu, juga tidak bisa menahan smartphone dalam keadaan overheating.

Tentunya apabila smartphone dalam keadaan overheating akan menimbulkan ketidaknyamanan dalam menggunakan smartphone ini. Yang mana dalam genggaman tangan akan terasa panas.

2. Rasio Layar 16:9

Kekurangan Samsung Galaxy J7 Duo

Smartphone baru lainnya sebenarnya sudah menggunakan layar dengan rasio 18:9, namun sayangnya pada seri Galaxy J7 Duo masih menggunakan layar dengan rasio 16:9. Hal inilah yang menjadi kekurangan Samsung Galaxy J7 Duo.

Dengan masih menggunakan layar dengan rasio 16:9, smartphone terasa ketinggalan jaman dan layarnya terlalu kecil daripada smartphone-smartphone lainnya. Selain itu kurang nyaman untuk menonton film dan streaming video.

3. Tidak Menggunakan Port USB Type-C

Kekurangan Samsung Galaxy J7 Duo

Dalam hal ketinggalan jaman lainnya adalah tidak menggunakan Port USB Type-C. Padahal untuk brand lain di kelasnya sudah menggunakan port USB Type-C. Bentuk type-C terlihat lebih lebar daripada microUSB.

4. Tidak Mendukung Fast Charging

Kekurangan Samsung Galaxy J7 Duo

Smartphone ini juga tidak didukung fast charging. Padahal fast charging sangat diperlukan dan sudah tersedia di smartphone-smartphone lainnya. Tidak adanya fitur ini, maka proses charging akan terasa seperti biasanya, kira-kira sekitar dua jam agar baterai bisa sampai penuh.

Fast Charging sendiri sebenarnya sangat membantu dalam mempermudah aktivitas sehari-hari. Karena bisa mengisi daya baterai sampai penuh hanya cukup 30 menit hingga satu jam. Sangat disayangkan sekali fitur ini tidak terdapat pada smartphone ini.

5. Tidak Memiliki Tombol LED Notifikasi

Kekurangan Samsung Galaxy J7 Duo

Kekurangan ponsel Galaxy J7 Duo selanjutnya adalah tidak memiliki tombol LED notifikasi. Selain itu juga tidak ada lampu yang berkedip apabila terdapat notifikasi dari aplikasi. Padahal hal ini sangat diperlukan bagi orang-orang yang mempunyai produktivitas tinggi.

Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J7 Duo bisa menjadi pertimbangan dalam memilih gadget ini. Sekalipun memiliki kekurangan, smartphone ini tetap memiliki fitur-fitur yang menarik bagi para calon pembelinya, apalagi dari segi harga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like