Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S10

Total
0
Shares

Ykhandler.com – Samsung Galaxy S10 termasuk dalam Android unggulan yang baru diluncurkan pada bulan Februari 2019 lalu. Sama halnya dengan seri lainnya, banyak sekali kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S10 yang penting untuk diketahui.

Penasaran? Yuk mari langsung saja simak pembahasan secara lengkap mengenai review Samsung Galaxy S10 pada artikel berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy S10

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S10

Tidak berbeda jauh dengan S20, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S10 terbilang cukup banyak. Untuk mengetahui spesifikasi lengkapnya, bisa simak tabel berikut:

TAMPILAN
Ukuran Layar 6.1″
Kedalaman Piksel 550ppi
Resolusi Layar 1440 x 3040pixels
Anti Air Tidak
Scratch Resistant Tidak
Teknologi Layar Dynamic AMOLED
KAMERA
Resolusi Kamera Belakang 12 + 12MP
Resolusi Kamera Depan 10MP
Tipe Kamera Single Kamera
Resolusi Video 4K
MEMORI
RAM 8GB
Memori yang Dapat Diperluas Ya
DESAIN
Berat 157g
Material Bodi Aluminium
Dimensi (W x H x D) 149.9 x 70.4 x 7.8mm
BATERAI
Kapasitas Baterai 3400mAh
Charging Wireless Charging and Fast Charging
PLATFORM
Chipset Exynos 9820 (8 nm) – EMEA/LATAM
Prosesor Inti Octa Core
Sistem Operasi Android
Versi OS 9
JARINGAN
Dual SIM Ya
SIM Card Nano-SIM
KONEKSI
USB Connectors Type-C
5G Tidak
NFC Ya
Wi-Fi Standard 802.11 a/b/g/n/ac
FITUR
Pemindai Sidik Jari Ya
Face Recognition Tidak
HARGA
Harga Resmi Dihentikan

Kelebihan Samsung Galaxy S10

Spesifikasi terbaru dan terlengkap yang dimilikinya juga membuat Samsung seri ini banyak diburu, terutama bagi penggemar Samsung di Indonesia. Hal ini pastinya didukung dengan beberapa kelebihan yang dimilikinya.

Namun meski demikian, bukan berarti smartphone ini tak luput dari kekurangan. Kami akan disini jelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S10. Adapun beberapa kelebihannya adalah sebagai berikut:

1. Desain Premium

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S10

Smartphone unggulan yang dirilis oleh vendor asal Korea ini mempunyai desain yang premium dan mewah. Cover belakangnya sudah dilapisi dengan material kaca dengan pelindung Gorilla Glass sehingga sudah pasti aman.

Walaupun dilapisi kaca, tapi tak akan licin ketika dipegang, Smartphone ini masih bisa digenggam dengan nyaman. Tersedia dalam beragam varian warna yang bisa dipilih sesuai keinginan mulai dari Prism Black, White, Green, Blue, Flamingo Pink hingga Canary Yellow.

2. Layar Super Tajam dan Jernih

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S10

Samsung telah membekali produk andalannya ini dengan layar yang memiliki ukuran 6.1 inci. Layar tersebut memiliki rasio 19:9 dengan resolusi 1440 x 3040 piksel. Sedangkan kerapatan layar lebih dari 440 ppi, atau lebih tepatnya mencapai 550 ppi. Tak heran, layarnya sangat tajam dan jernih.

Tampilannya makin bagus karena mengusung sebuah panel seperti Dynamic AMOLED. Menariknya lagi, HP Samsung ini juga sudah dilengkapi dengan HDR10+ sehingga cocok bagi pengguna yang suka nonton menggunakan mode HDR.

3. Kamera Mumpuni

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S10

Untuk kamera depan, smartphone ini masing-masing menggunakan resolusi 10 MP dan 8 MP. Keberadaan fitur Live Focus juga tersemat di dalamnya sehingga memungkinkan untuk menambah beberapa efek yang dibutuhkan seperti spin atau zoom.

Sedangkan untuk kamera belakangnya sendiri ada 3 buah. Setiap lensa yang ada terdiri atas lensa wide dan telephoto yang memiliki ukuran 12 MP serta lensa ultra wide yang memiliki fungsi untuk mengambil gambar dalam jangkauan lebih luas.

4. Daya Tahan Baterai Lama

Kelebihan Samsung Galaxy S10

Baterai dari Samsung ini memiliki kapasitas yang cukup besar, yaitu sebesar 3.400 mAh. Tapi, berdasarkan uji coba yang pernah dilakukan, daya tahan HP ini sangat bagus dan bisa digunakan selama seharian penuh.

Sayangnya, walaupun support teknologi fast charging, untuk menambah daya mulai dari 0 sampai penuh 100% memerlukan waktu kurang lebih 105 menit. Tentunya cukup lama untuk pengisian sebuah smartphone kelas atas, sehingga ini juga menjadi kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S10.

5. Fitur Water and Dust Resistance

Kelebihan Samsung Galaxy S10

Samsung Galaxy S10 sudah dilengkapi dengan fitur water and dust resistance sehingga tahan terhadap air ataupun debu. Bahkan sudah memiliki sertifikat IP60, yang dimana menandakan bahwa Hp ini bisa bertahan dengan baik dalam kedalaman sekitar 1.5 dalam waktu 30 menit lebih.

Dengan begitu, maka tak perlu khawatir lagi jika terjatuh di air secara tidak sengaja. Hp ini masih dalam kondisi yang baik asalkan tidak melampaui batas waktu kemampuan yang dimilikinya dalam bertahan air.

6. Fitur Audio Jack 3.5

Kelebihan Samsung Galaxy S10

Hp Samsung menduduki jajaran smartphone unggulan yang memiliki audio jack dengan ukuran 3.5 mm. Jadi, bagi yang hobi mendengarkan musik di headphone ataupun earphone maka tak perlu bingung jika perlu memasang konektor USB-C pada audio jack ini.

7. Support dengan USB Tipe C

Kelebihan Samsung Galaxy S10

Samsung Galaxy 10 sudah support dengan USB tipe C, dimana USB ini masih termasuk dalam generasi yang paling terbaru. Kecepatan transfer file atau data yang dimiliki oleh USB ini jauh lebih baik daripada pendahulunya, sehingga akan memudahkan pekerjaan.

8. Kapasitas Penyimpanan Hingga 1 Terabyte

Kelebihan Samsung Galaxy Note9

Kapasitas storage dari HP samsung ini bisa mencapai 1 Terabyte atau TB. Bisa dibilang, ini merupakan HP terbaik pertama yang menyediakan kapasitas penyimpanan yang sangat besar.

Samsung memiliki penyimpanan yang cukup beragam, yaitu mulai dari 8GB RAM (128 GB), 8GB RAM (512GB), dan 12GB RAM (1TB). Selain RAM yang disediakan sangat besar, internal memory yang ada juga tak kalah besar. Dengan kapasitas sebesar ini, dijamin tak akan kehabisan memori nantinya.

9. Fitur Wireless PowerShare

Kelebihan Samsung Galaxy S10

Wireless PowerShare adalah fitur unggulan yang disematkan dalam ponsel terbaik ini. Fitur ini bisa diaktifkan dengan mudah lewat shortcut UI Home. Fungsinya untuk berbagi isi atau daya baterai ke pengguna Samsung Galaxy S10 yang lain.

Tapi fitur ini tidak akan bisa digunakan ketika baterai kurang dari 30 persen. Penempatan antar satu perangkat dengan perangkat lain yang ingin berbagi baterai juga harus sejajar, sebab jika miring maka tidak akan bisa berfungsi semestinya.

10. Teknologi Chipset Terbaru

Kelebihan Samsung Galaxy S10

Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S10 ini juga ada pada teknologi chipset yang menjadi dapur pacunya, yakni Snapdragon dan Exynos. Teknologi chipset Exynos 9820 bisa diandalkan untuk segala macam kegiatan yang multitasking ataupun untuk bermain game.

Sementara itu, dengan adanya Snapdragon juga membuatnya menjadi lebih powerfull jika dibandingkan dengan seri yang sebelumnya.

Kekurangan Samsung Galaxy S10

Sedangkan kekurangan yang tersemat dalam smartphone ini adalah sebagai berikut:

1. Slot Hybrid

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S10

Smartphone yang nyaris sempurna ini mempunyai kekurangan yang ada pada slotnya. Slotnya sendiri memiliki tipe Hybrid, dimana pengguna tidak bisa menambahkan microSD card ketika memilih menggunakan 2 SIM Card di smartphone ini.

2. Sensor Sidik Jari yang Sangat Lambat

Kekurangan Samsung Galaxy S10

Kekurangan Samsung Galaxy S10 selanjutnya terletak di sensor sidik jarinya yang sangat lambat. Smartphone keren ini memang sudah menggunakan sensor sidik jari pada layar. Hanya saja, cara kerja sensor sidik jari tersebut sangat lamban.

3. Fitur Bixby yang Belum Sempurna

Kekurangan Samsung Galaxy S10

Bixby terbilang sangat lemah di beberapa fungsi, apalagi jika dibandingkan dengan Siri pada Google assistant. Kelemahan ini umumnya ada di beberapa hal yang mendasar di sistem Assistant.

Assistant Bixby tidak begitu memadai untuk menjawab segala macam pertanyaan yang berkaitan dengan hal-hal dasar ini. Hal inilah yang akhirnya membuat banyak orang memilih untuk menggunakan Google Assistant ketimbang Bixby.

4. Tidak Menggunakan 3D Depth Sensor

Kekurangan Samsung Galaxy S10

Meski tersemat kamera terbaik dan lensa lengkap, tapi smartphone hadir tanpa adanya 3D Depth Sensor. 3D Depth Sensor adalah suatu sensor yang digunakan dalam pengambilan gambar 3D.

Sensor ini digunakan khusus dalam menghasilkan gambar bokeh secara lebih baik, karena memang dapat membedakan antara latar dengan objek utama.

Penjelasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S10 yang penting untuk diketahui sudah tersaji detail di artikel Kurotekno ini. Dari pembahasan di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa kelebihan yang dimiliki jauh lebih banyak sehingga cocok untuk dijadikan sebagai smartphone sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like