Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S20+

Total
0
Shares

Samsung Galaxy S20+ adalah produk unggulan Samsung pada tahun 2020. Namun hingga sekarang, Galaxy S20+ masih banyak yang menyukainya. Ini karena didukung dengan kinerja dan performa yang mumpuni. Meski begitu, kelebihan dan kekurangan Samsung galaxy S20+ patut dijadikan pertimbangan.

Galaxy S20+ ini juga di bekali dengan kamera beresolusi tinggi. Lalu terdapat fitur serta UI Mutakhir yang menjadikan Samsung ini lebih laku di pasaran jika bandingkan dengan para kompetitornya. Dan Galaxy S20+ ini juga dibuat dengan desain baru yang menyegarkan.

Spesifikasi Samsung Galaxy S20+

Sebelum masuk ke pembahasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S20+, berikut tabel spesifikasi lengkapnya:

  • Layar: Super AMOLED 6,5 inci, 1080 x 2400 piksel, 20:9 ratio
  • Chipset: Exynos 990 (7 nm+) (Ver 1), Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 5G (7 nm+) (Ver 2)
  • GPU: Mali-G77 MP11 (Ver 1), Adreno 650 (Ver 2)
  • Sistem Operasi: Android 10, One UI 2.5
  • RAM: 6GB/8GB
  • Internal Memori: 128 GB/256GB
  • Dimensi: 159.8 x 74.5 x 8.4 mm
  • Berat: 190 g
  • Kamera Utama: 12 MP, f/1.8, 26mm (wide), 8 MP, f/2.4, 76mm (telephoto), 12 MP, f/2.2, 13mm, 123˚ (ultra wide)
  • Kamera Selfie: 32 MP, f/2.2, 26mm (wide)
  • Baterai: Li-Ion 4.500 mAh non-removable, Fast Wireless Charging
  • Konektivitas: USB Type-C, Wi-Fi 802.11, Bluetooth 5.0
  • Jaringan: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • WLAN: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
  • USB: USB Type-C 3.2, USB On-The-Go
  • Pilihan warna: Cloud Lavender, Cloud Mint, Cloud Navy, Cloud White, Cloud Red, Cloud Orange

Kelebihan Samsung Galaxy S20+

Nah buat yang ingin membeli ponsel pintar seri Galaxy S20+ ini, ada bagusnya membaca kelebihan dari Hp Samsung Galaxy S20+ ini. Berikut pembahasan lengkapnya:

1. Desain

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S20+

Samsung seri Galaxy S20+ ini dibuat dengan mengusung desain yang sederhana dan simple namun terlihat mewah dan elegan. Samsung ini dibuat dengan bahan kaca untuk bodi belakangnya. Sementara untuk bagian pinggirnya atau frame di balut dengan material alumunium.

Sementara untuk bodinya terlihat tipis, dengan ukuran dimensi hanya sebesar 161.9 x 73.7 x 7.8 mm dengan berat 16 gram. Sehingga menjadikan Samsung ini pas di genggaman tangan, alhasil membuat nyaman untuk dipegang dalam jangka waktu yang lama.

Lalu pihak Samsung juga menawarkan flagship dengan 4 pilihan warna seperti cosmic black, cloud blue, cosmic gray dan cloud pink.

2. Layar

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S20+

Sektor layarnya sendiri, Samsung Galaxy S20+ sudah menggunakan panel Dynamic AMOLED 2x dengan ukuran layar sebesar 6,7 inci. Sementara untuk resolusinya sebesar 1440 x 3200 pixels yang dilengkapi dengan proteksi pelindung layar dari Corning Gorilla Glass 6.

Sedangkan untuk refresh ratenya sendiri mencapai 60Hz dan 120 Hz. Pada refresh rate 120Hz pengguna ponsel ini akan mendapatkan pengalaman gerakan tampilan layar yang lebih smooth.

Sehingga untuk sebagian game dengan gerakan layar cepat seperti PUBG Mobile atau Asphalt, maka refresh rate yang lebih tinggi bisa menurunkan lag secara drastis atau juga bisa meningkatkan kualitas grafis.

3. Dapur Pacu

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S20+

Untuk ponsel yang dibanderol dengan harga mahal ini, Galaxy S20+ ini sudah memakai chipset dari Exynos 990 yang sebanding dengan chipset Qualcomm Snapdragon 865. Serta mendapat dukungan GPU Mali-G77 MP11 yang berguna sebagai pengolah grafis.

Berbekal dapur pacu yang handal, menjadikan Hp ini mampu menjalankan game yang cukup berat seperti PUBG Mobile. Bahkan bisa dikatakan, hampir seluruh game Android bisa dijalankan dengan ponsel pintar milik Samsung ini.

4. Kamera Belakang

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S20+

Samsung tipe Galaxy S20+ ini menawarkan 4 kamera utama yang terletak di bagian bodi belakang. Dengan resolusi 12 MP yang berfungsi untuk lensa wide, 12 sebagai ultra wide, 64 MP sebagai telephoto, serta 0.3 MP berguna sebagai depth vision.

Kamera belakang dari ponsel ini mampu menghasilkan kualitas bidikan foto yang bagus, jernih, dan detail. Sedangkan untuk videografi mampu merekam hingga resolusi 8K di 24fps.

Untuk lensa 64 MP sendiri bisa melakukan zoom hingga 3x secara optikal. Sementara untuk lensa ultra wide dan lensa VGA berguna sebagai sensor time-of-flight yang bisa dipakai untuk mengukur jarak serta motion photos.

5. Kamera Depan

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S20+

Samsung Galaxy S20+ juga dibekali dengan kamera selfi dengan resolusi besar yakni 10 MP dengan f/2.2 Dual Pixel PDAF yang mampu memanjakan penggunanya untuk berselfie ria. 

Tidak hanya mampu untuk membidik foto, namun kamera depan dari ponsel ini mampu untuk merekam video dengan resolusi hingga 4K. Selain itu, kamera depan juga dilengkapi dengan fitur dual video call serta auto HDR, sehingga membuat hasil bidikan objek menjadi lebih berkualitas.

6. Baterai

Kelebihan Samsung Galaxy S20+

Untuk mendukung spesifikasi dan fitur yang ditanamkan pada ponsel ini. Samsung Galaxy S20+ 5G ini menawarkan baterai dengan kapasitas yang cukup besar yakni 4.500 mAh. Dengan daya baterai sebesar ini, maka penggunaannya bisa leluasa untuk mendukung berbagai macam aktivitas.

Untuk mendukung kapasitas baterai yang besar, maka pihak Samsung sendiri menyematkan teknologi pengisian daya cepat atau yang dikenal dengan fitur fast charging. Diantaranya uverse wireless charging 9 watt, fast charging 25 watt serta fast Qi wireless charging 15 watt.

7. Performa

Kelebihan Samsung Galaxy S20+

Dengan didukungnya chipset Exynos 990 membuat performa dari ponsel ini semakin maksimal berkat dukungan dari CPU 8 inti serta RAM berkapasitas yang besar.

Tidak heran jika Samsung Galaxy S20+ ini mampu untuk menjalankan multitasking dalam sehari-hari bahkan mampu menjalankan game dengan mulus tanpa lag. 

8. Keamanan

Kelebihan Samsung Galaxy S20+

Seperti ponsel kelas flagship pada umumnya, smartphone Galaxy S20+ juga dilengkapi dengan sistem keamanan yang terbilang lengkap. Dimana terdapat dua sensor biometrik seperti fingerprint scanner yang ditempatkan pada bawah layar serta face recognition.

9. RAM dan ROM

Kelebihan Samsung Galaxy S20+

Berbicara soal RAM, samsung Galaxy Plus sendiri dibekali dengan kapasitas RAM yang besar yaitu 8 GB. Dan mendapat dukungan memori internal yang bervariasi mulai dari 128 GB, 256 GB, serta 512 GB.

Bahkan pihak Samsung juga menyediakan slot untuk memori eksternal yang dapat diisi dengan microSD sampai sebesar 1 TB. 

10. Konektivitas

Kelebihan Samsung Galaxy S20+

Review kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S20+ selanjutnya membahas tentang konektivitas. Telepon pintar ini sudah dibekali dengan konektivitas 5G sehingga untuk kecepatan internetnya tidak perlu diragukan lagi.

Selama sinyal stabil dan paket data banyak, penggunanya bisa berselancar di internet dengan lancar tanpa ada masalah. Sementara untuk SIM nya sendiri berupa Hybrid Dual SIM (Nano-SIM).

Dan untuk jaringannya bervariasi seperti GSM, CDMA, HSPA, EDVO, dan LTE. Lalu ada juga tambahan konektivitas lain seperti dual band, Wi-Fi, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth, A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, NFC serta USB Type-C.

Kekurangan Samsung Galaxy S20+

1. Desain Kamera Belakang Kurang Menarik 

Kekurangan Samsung Galaxy S20+

Selain spesifikasi dan performa yang bisa menjadi daya pikat, estetika juga dibutuhkan. Jika kamu melihat Galaxy S20 plus maka akan menjumpai kamera belakang yang yang berjejeran dengan susunan 3 x 2 di di sebelah pojok kiri. 

Ya, meskipun masalah desain tidak bisa disebut sebagai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S20+ yang absolut, sih.

Tentunya dengan desain kamera yang seperti ini membuat tampilannya terlihat biasa saja, bahkan bisa dikatakan kurang menarik. Jika dibandingkan dengan kompetitornya yaitu Vivo Nex 3ES maka secara tampilan kameranya jauh lebih bagus kompetitornya, bahkan tersusun dengan simetris dan rapi. 

2. Tidak Opsi 90 Hz 

Kekurangan Samsung Galaxy S20+

Kekurangan dari Galaxy S20 plus yaitu itu tidak memiliki pilihan refresh rate 90 Hz. Padahal opsi ini sangat penting karena bisa menjadi solusi penengah dari dua sisi dengan transisi layar. Sehingga lebih semut namun tidak banyak memakan daya baterai. 

3. Harga Mahal 

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S20+

Seperti yang kamu tahu sendiri, vendor Samsung dikenal sebagai vendor yang membandrol smartphonenya dengan harga selangit. Meskipun ini sebanding dengan spesifikasi yang mumpuni dan fitur canggih yang disematkan. Dimana Galaxy S20 plus dibanderol dengan harga 14 jutaan. 

Bahkan, series Galaxy S20 plus dengan S20 biasa hanya berselisih harga harga Rp 2.000.000. Ditambah lagi kedua series ini tidak memiliki banyak perbedaan terkecuali dari kapasitas baterai serta penambahan lensa VGA untuk kamera belakang.

Samsung Galaxy S20+ sudah memakai sistem Android 10 dan sudah menggunakan antarmuka OneUI 2.0. Hp ini juga masuk ke dalam kategori flagship. Walaupun harganya sangat mahal, namun sebanding dengan spesifikasi serta performa yang akan didapatkan oleh penggunanya.

Penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S20+ ini kiranya bisa dijadikan pertimbangan ketika membandingkan dengan tipe HP lainnya dengan harga yang tidak berbeda jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like