Pengertian, Fungsi, dam Cara Install Photoshop Cs6 di Laptop + Aktivasi

Total
0
Shares

Photoshop terkenal sebagai sebuah perangkat lunak yang bekerja di bidang desain dan foto editor. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengedit efek, menggabungkan, hingga melakukan tindakan edit lanjutan lainnya. Sebelum kamu dapat menggunakan program khusus dari aplikasi ini, ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Cara install Photoshop Cs6 adalah salah satunya.

Mengenal Aplikasi Photoshop Cs6

Photoshop merupakan perangkat lunak keluaran perusahaan ternama, yakni Adobe. Dalam produk Photoshop, Adobe mengeluarkan banyak sekali versi yang rilis dari waktu ke waktu. Salah satu yang menjadi andalannya adalah Photoshop Cs6. Cs atau creative suite 6 ini merupakan versi yang rilis pada tanggal 21 Maret 2012 lalu. 

Kelebihan dari versi Cs6 ini ada pada kelengkapan fitur desain grafis serta olah foto. Selain itu, alat yang tersedia juga cocok untuk semua kalangan pengguna, mulai dari pemula hingga profesional. Hal ini karena Cs6 memiliki alat serta tampilan yang mudah untuk pengguna pelajari. 

Aplikasi ini juga mendukung sistem layer yang memungkinkan kamu untuk mengedit setiap komponen secara terpisah. Sebagai desainer, tentunya kamu akan memerlukan fitur seperti ini untuk melakukan editing tingkat lanjut. Karena kelebihan seperti inilah yang membuat kamu harus memahami cara install photoshop cs6. 

Kegunaan Photoshop Cs6

Photoshop Cs6 memiliki segudang kegunaan bagi para desainer dan editor foto. Selain untuk mengedit menggunakan efek instan, berikut ini adalah beberapa fungsi lain yang bisa kamu dapat dari versi Cs6 Photoshop.

  1. Membuat efek pada tulisan sehingga lebih menarik dan inovatif
  2. Membuat desain bertekstur dengan material beragam
  3. Mendesain logo produk atau perusahaan
  4. Pembuatan detail dan manipulasi foto pada karya seni digital
  5. Membuat wireframe dan sketsa (kerangka yang akan jadi blueprint desain) 
  6. Mengedit gambar atau foto yang sudah ada sebelumnya
  7. Mengolah foto yang jadi materi website

Fungsi dari Photoshop seperti inilah yang membuatnya sering jadi andalan para desainer. Terlebih lagi, cara install Photoshop Cs6 juga mudah untuk setiap perangkat desktop, baik itu laptop maupun personal computer

Cara Install Photoshop Cs6 di Laptop dan PC

Setelah mengenal sekilas informasi tentang Adobe Photoshop Cs6, langkah selanjutnya adalah tahap pemasangan aplikasi. Pemasangan ini bertujuan agar kamu bisa membuka di perangkat laptop atau pc. Tentunya, caranya harus benar agar tidak terjadi crash. Berikut ini adalah penjelasan tentang cara install Photoshop Cs5 di laptop dengan mudah. 

  1. Unduh aplikasi via website atau sejenisnya. Pastikan sumber download terpercaya dan tidak mengandung virus atau malware.
  2. Ekstrak file terdownload terlebih dahulu agar bisa mendapatkan file asli
  3. Buka file aplikasi yang sudah kamu unduh tadi di pengelola file (windows explorer atau sejenisnya) 
  4. Klik “install a trial” ketika jendela penginstalan sudah terbuka
  5. Klik “accept” untuk masuk ke tahap berikutnya
  6. Masuk menggunakan akun Adobe untuk melanjutkan cara install Photoshop Cs6
  7. Jika belum punya akun, silakan klik “get an Adobe ID”
  8. Masukkan informasi yang dibutuhkan, seperti nama depan dan belakang, email, dan kata sandi
  9. Pilih salah satu dari jenis Adobe, sesuaikan dengan perangkat kamu. Di sini tersedia untuk 32 dan 64 bit

Catatan: dalam tutorial ini, kita akan coba untuk menggunakan cara install Photoshop Vs6 di laptop versi 64 bit.

  1. Tunggu hingga proses pemasangan Adobe Photoshop Cs6 selesai

Catatan: proses lama atau tidaknya tahap ini akan sangat bergantung pada spesifikasi perangkatmu. Semakin bagus speknya, semakin cepat pula proses pemasangan yang akan berlangsung.

  1. Pemasangan berhasil

Proses Aktivasi Cara Install Photoshop Cs6

Ketika aplikasi sudah berhasil terpasang, kamu akan menggunakan layanan percobaan dari Photoshop. Tetapi, layanan ini hanya akan berlangsung beberapa hari saja sebelum akhirnya kamu harus memperpanjang langganan. Untuk mengakali hal ini, kamu bisa melakukan aktivasi Adobe Photoshop melalui cara berikut. 

  1. Unduh file aktivasi Adobe Photoshop Cs6. Pastikan file bersih dari virus dan malware dengan mengecek sumbernya

Catatan: kamu juga bisa menggunakan antivirus untuk pengecekan file.

  1. Ekstrak file aktivasi tadi
  2. Pilih versi Adobe Photoshop Cs6 yang telah kamu pasang barusan

Catatan: file ini akan berisi aktivasi yang terdiri dari photoshop 32 dan 64 bit. Pilih salah satu yang sesuai dengan versi Photoshop tadi agar bisa bekerja.

  1. Copy file amtlib.dll (bisa menggunakan CTRL + C) 
  2. Masuk ke Local Disk (C:) dan klik program files

Catatan: pada cara install Photoshop Cs6 di laptop, jika kamu menemukan folder bertuliskan program files (x86), maka itu adalah folder untuk menyimpan data program 32 bit. Jika 64 bit, masuk saja ke program files

  1. Masuk ke folder bernama Adobe Photoshop CS6 (64 bit) 
  2. Paste atau tempel file aktivasi yang sudah kamu salin tadi (bisa menggunakan kombinasi tombol CTRL + V)

Catatan: jika muncul notifikasi peringatan soal file serupa, pilih saja opsi “replace the file in the destination”. Kemudian, klik “continue”.

  1. Proses aktivasi selesai

Jika semua tahap cara install Photoshop Cs6 di atas sudah kamu lalukan semua, sekarang cobalah untuk membuka aplikasi. Seharusnya, tidak akan ada notifikasi tambahan atau sejenisnya karena Adobe kamu sudah berhasil aktivasi 100%.

Tanpa melakukan aktivasi ini, aplikasi Adobe Cs6 kamu akan berada dalam status masa percobaan atau trial. Kamu bisa menikmati masa ini selama 30 hari lamanya. Jika kamu tidak ingin melakukan aktivasi ini, maka tidak ada salahnya juga untuk berlangganan Photoshop senilai 20 dolar per bulan. 

Itulah penjelasan tentang cara install Photoshop Cs6 di laptop dengan mudah dari Ykhandler. Sisanya, kamu hanya perlu belajar tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi dan editing sederhana hingga lanjutannya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like